Underrated Value Investor : Mario Gabelli

Underrated Value Investor : Mario Gabelli


Salah seorang Value Investor ternama belum lama ini berhasil meraup keuntungan 6200% dari perusahaan milik Warren Buffett- Berkshire Hathaway. Ia adalah Mario Gabelli, yang namanya mendadak kembali harum berkat pencapaiannya tersebut. Sangat fantastic bukan !

 

Investor Miliarder Pencetak Keuntungan 6.200%

Membaca kalimat “Miliarder Pencetak Keuntungan 6.200%”, tentu pertanyaan yang muncul tidak lain tidak bukan adalah “Kok Bisa ? Gimana caranya ? Susah nggak ya ? Kita harus gimana supaya bisa untung besar ?”. Percaya atau tidak, pertanyaan sejenis ini seringkali ditanyakan oleh orang-orang yang tidak mau mempelajarinya secara langsung, alias maunya instan-instan saja…

Padahal, kalau kita tahu ilmunya, tentu kita akan merasa lebih mudah dan yakin untuk memperoleh keuntungan yang besar dalam investasi kita. Hal ini jugalah yang baru-baru ini dirasakan oleh value investor – Mario Gabelli. Ya, sejak Mario Gabelli menyimpan dananya di Berkshire Hataway pada tahun 1986 dan beberapa dekade kemudian. Ia menerima pertumbuhan hingga 60x uangnya, sehingga ia berhasil meraup keuntungan sampai 6.200%. Pundi-pundi keuntungan yang sangat fantastis !

Mario Gabelli secara tidak langsung telah membuktikan kebenaran bahwa benar investasi saham jangka panjang mampu memberikan imbal hasil yang memuaskan. Saham Berkshire Hathaway  yang telah dibeli Mario Gabelli itu diketahui untuk kedua reksa dananya yakni Gabelli Asset Fund dan Gabelli Equity Trust. Kalau kita akumulasikan, keduanya memegang sekitar 220 saham Berkshire Hathaway kelas A. Dalam keputusannya membeli saham Berkshire Hathaway, Mario Gabelli mengaku telah membeli saham Berkshire Hathaway saat berada di USD 377 ribu per saham. Sedangkan per artikel ini ditulis harganya sudah melejit hingga ke level USD 6 ribu per saham atau setara USD 1.32 juta. Maka, kepemilikan Mario Gabelli kini sudah bernilai sekitar USD 83 juta artinya Mario Gabelli sudah untung 6200%, sesuai dengan harga saham kelas A Berkshire.

 

Source : www.cnbc.com/2021/03/01/mario-gabelli-made-nearly-6200percent-on-stake-in-buffetts-berkshire.html

 

Informasi lainnya tentang saham Berkshire, ternyata juga ada saham kelas B dengan harga yang lebih rendah yang diluncurkan dari tahun 1996 dan diperdagangkan di Bursa Efek New York. Gamco – perusahaan Mario Gabelli, juga tercatat memiliki 135 ribu saham Berkshire kelas B dengan harga sebagian kecil dari saham A, masing-masing sekitar $ 250.

Di lain sisi, Gabelli Asset Fund dan Gabelli Equity Trust memiliki 218 saham Berkshire “A” senilai US$ 76 juta per tahun pada akhir Desember 2020. Mengutip internasional.kontan.co.id, berdasar laporan SEC, harga saham Berkshire telah naik sekitar 9% ke level rekor, sehingga meningkatkan nilai saham Gabelli ke level tertinggi baru.

Sebenarnya, keuntungan besar Mario Gabelli ini hanya membutuhkan kedisiplinan dalam menahan sahamnya alias tidak terburu-buru dijual. Mario Gabelli sendiri menyimpulkan pendekatan investasinya sebagai Graham & Dodd + Buffett = Gabelli. Artinya, ia menilai dirinya sebagai campuran dari Buffett dan dua mentor kepala Berkshire, Benjamin Graham dan David Dodd. Lho kenapa begitu ? Ya, jadi filosofi investasi Mario Gabelli ini memang berakar pada prinsip investor legendaris – Benjamin Graham dan David Dodd. Sehingga Mario Gabelli lebih suka untuk mengukur ‘nilai pasar pribadi’ dari suatu saham sebelum berinvestasi.

Jadi siapakah Mario Gabelli sebenarnya ?

 

Profil Singkat Mario Gabelli

Bernama lengkap Mario Joseph Gabelli, lahir pada Juni 1942. Ia dikenal sebagai investor saham Amerika, penasihat investasi, dan analisis keuangan. Ia juga berperan penting sebagai pendiri, ketua, sekaligus CEO dari Gabelli Asset Management Perusahaan Investor GAMCO – perusahaan investasi yang berkantor di Rye – New York.

Bersekolah di Fordham Preparatory School dan lulus di tahun 1961. Ia juga memenangkan beasiswa dan lulus dari Fordham Univestity Summa Cum Laude di tahun 1965. Ia pun pernah menerima gelar Master of Business Administrations dari Columbia Business School. Dari latar pendidikan itu, mungkin tidak banyak yang menyadari kalau sebenarnya Mario Gabelli pernah diajari oleh Roger Murray – profesor investasi nilai terkemuka, sekaligus penulis pendamping dari Analisis Keamanan – The Graham & Dodd Value Investing Bible Edisi Kelima.

Selepas dari itu, Mario Gabelli juga mulai menjalanan karis investasinya pada beberapa tahap:

  • Mario Gabelli pernah menempati posisi di Loeb, Rhoades & Co sebagai analis keamanan yang bertanggung jawab atas peliputan peralatan pertanian, konglomerat suku cadang mobil, serta berbagai media dan penyiaran. Mario Gabelli mempraktikan teori investasi nilai yang pernah di pelajari di Columbia. Di mana menilai perusahaan bukan berdasarkan pendapatan, tetapi arus kas, menganalisis perusahaan dengan sangat rinci untuk menghitung apa yang dia sebut nilai pasar-swasta: bukan harga saham di mana saham dijual di bursa, tetapi harga per saham yang bersedia dilakukan seseorang. membayar untuk membeli seluruh perusahaan.
  • Tahun 1976, Mario Gabelli juga membentuk Gabelli & Co – rumah pialang institusional.
  • Tahun 1986, ia meluncurkan kendaraan investasi pertama untuk masyarakat umum – Gabelli Asset Fund, sebagai dana tanpa beban yang membutuhkan minimal $ 25.000 untuk diinvestasikan. Asset Fund kemudian diikuti oleh The Gabelli Equity Trust – dana tertutup yang pada saat itu merupakan penawaran ekuitas terbesar di NYSE. Dan per akhir 1988, firma Gabelli memiliki tiga reksa dana, yang dua di antaranya dijalankan sendiri dengan aset gabungan sebesar $ 650 juta. Pada tahun 1998, Gabelli Asset Management Inc. mengelola $ 16.3 miliar. Pada Februari 1999, perusahaan go public dengan menjual 6 juta saham (atau sekitar 20%) dari saham biasa dengan harga $ 17.50 per saham.

  • Tahun 1997, menjadi tahun penuh penghargaan di mana ke 10 reksa dana ekuitas Gabelli rata-rata menghasilkan 31.7%, terbaik dari kelompok reksa dana AS mana pun. Karena itu, Mario Gabelli dihormati oleh Morningstar, Inc. sebagai pengelola dana ekuitas domestik saat itu.
  • Tahun 2010, momentum ketika Mario Gabelli dipilih oleh Investor Institusional sebagai Money Manager of the Year 2010 untuk Penghargaan Manajemen Investasi AS tahunan keduanya. Pemilihan penghargaan didasarkan pada kinerja serta survei oleh institusi AS.

Sampai sini setidaknya, kita dapat membayangkan bagaimana kesuksesan yang diperoleh Mario Gabelli dalam mengelola pertumbuhan investasinya. Dan pelajaran penting yang tidak ketinggalan, tentunya kita perlu memupuk rasa kedisiplinan dan kesabaran untuk bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

 

Pencapaian Investasi Mario Gabelli

Jangan lupa juga ya, historical tentang investasi telah mencatatkan nama Mario Gabelli sebagai salah satu value investor yang berhasil mendapatkan net worth senilai $1.1 miliar di tahun 2015 !

Dalam berinvestasi, Mario Gabelli memegang teguh filosofi investasi yang tidak jauh berbeda dari value investor lainnya. Bagi Mario, pencapaian investor bukan hanya sekedar membeli saham yang kelihatan bagus saja, tetapi berhasil membeli saham tertentu saat yang lain tidak menginginkan nya.

“What we like to do is to buy, buy, buy  when everyone doesn’t want it.”

`

Anda yang memiliki keterbatasan waktu untuk bisa mengumpulkan informasi mengenai kinerja terbaru perusahaan, kini Anda bisa memanfaatkan Cheat Sheet sebagai alternatif yang dapat membantu menghemat waktu Anda untuk mengecek kinerja perusahaan yang saham nya Anda pegang. Yuk, dapatkan segera Cheat Sheet Q1 2021 yang akan segera terbit di sini…

 

 

5 Saham Pilihan Mario Gabelli

Di bagian ini, secara singkat kita akan melihat sedikitnya 5 saham pilihan Mario Gabelli yang ia kelola melalui investasi perusahaan investasi miliknya GAMCO, antara lain :

  1. Herc Holdings Inc. (NYSE : HRI)

Herc Holdings Inc. merupakan perusahaan penyedia rental alat berat. Perusahaan ini setidaknya menghasilkan total pendapatan sekitar $ 2 miliar pada 2019 yang lalu. Dengan dukungan peralatan milik sendiri yang nilainya mencapai $ 3.82 miliar untuk disewakan.

Herc Holdings Inc. memiliki kapitalisasi pasar sebesar $ 2 miliar. Itu mampu memberikan pengembalian 61.95% dalam 12 bulan terakhir dan diselesaikan pada $ 73 per saham pada penutupan per 17 Februari 2021. Tercatat untuk GAMCO Investors adalah pemegang saham Herc terbesar kedua, menurut database hedge fund Insider Monkey, dengan 3.310.353 saham senilai $219.84 juta.

 

  1. Sony Corporation (NYSE : SNE)

Siapa yang tidak kenal Sony Corporation, perusahaan konglomerat global Jepang yang menawarkan berbagai layanan digital melalui game, musik, film, gadget, dan banyak lagi. Sony Corporation saat ini memiliki kapitalisasi pasar $140.5 miliar dan telah memberikan pengembalian sekitar 70.31% dalam 12 bulan terakhir dan menetap di $114,92 per saham pada penutupan per 17 Februari 2021. Tercatat untuk GAMCO memiliki 2.065.305 saham Sony Corporation, senilai $ 208,8 juta. Dengan demikian, Sony Corporation setidaknya menyumbang sekitar 1.95% dari total portofolio GAMCO.

 

  1. Aerojet Rocketdyne Holdings, Inc. (NYSE : AJRD)

Aerojet Rocketdyne Holdings Inc. adalah perusahaan yang berfokus pada pasar kedirgantaraan, pertahanan, dan real estate, sekaligus menyediakan solusi berbasis teknologi inovatif kepada pelanggannya. AJRD memainkan peran penting dalam pendaratan NASA’s Perseverance rover Mars.

Per Februari 2021, Aerojet Rocketdyne Holdings Inc. memiliki kapitalisasi pasar sekitar $ 3.9 miliar. Dan per 3 bulan terakhir, telah memberikan pengembalian sekitar 35.77%, di harga $ 52 per saham pada penutupan per 17 Februari 2021 kemarin. Tercatat untuk GAMCO memiliki 3.215.931 saham Aerojet Rocketdyne Holdings Inc., senilai $169.96 juta.

 

  1. GATX Corporation (NYSE : GATX)

GATX Corporation merupakan perusahaan penyewa kereta api global, yang mengoperasikan armada di Great Lakes dan memiliki beberapa portfolio sewa mesin cadangan pesawat terbang di dunia. Total armada yang dimiliki sekitar 147 ribu gerbong.

GATX per 17 Februari 2021 memiliki kapitalisasi pasar $3.3 miliar. Dan per 3 bulan terakhir, sudah memberikan pengembalian sekitar 20.74% dan ditutup pada $96.44 per saham pada penutupan 17 Februari. Tercatat untuk GAMCO Investors milik Mario Gabelli telah memiliki saham GATX senilai $156.45 juta. 

 

  1. Navistar International Corporation (NYSE : NAV)

Perusahaan ini memiliki dan memproduksi berbagai merek truk dan mesin diesel global. Di tahun ini, perusahaan induk memperoleh properti keduanya di San Antonio sebagai persiapan untuk peluncuran pabrik pada tahun 2022. Navistar International diharapkan menginvestasikan $ 275 juta untuk proyek ini, menciptakan lebih dari 650 pekerjaan baru di wilayah tersebut. NAV saat ini memiliki kapitalisasi pasar $4.3 miliar, dan mampu memberikan pengembalian 17.13% dalam 12 bulan terakhir. Itu diselesaikan pada $ 44.09 per saham pada penutupan per 17 Februari 2021. Tercatat GAMCO Investors memiliki 3.063.523 saham Navistar International Corporation senilai $134.67 juta.

 

Jadi, apakah Anda adalah “Mario Gabelli” berikut nya ? Dan mampu mewujudkan keuntungan yang fantastis pula ?

 

 

Info:

 

 

Tags : Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli | Mario Gabelli 

You may also like

1 Comment

  • Azalea
    June 2, 2021 at 9:40 AM

    Waaww waaww waaww ..
    Keren keren keren ..
    Semoga saya bisa mengikuti jejaknya 🤭

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Share this Post

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami