Perjalanan Investasi Joel Greenblatt hingga Strategi Investasi “Magic Formula”

Perjalanan Investasi Joel Greenblatt hingga Strategi Investasi “Magic Formula”


Pasar saham dunia telah berhasil mencetak banyak investor ternama, dengan berbagai macam strategi investasi, yang kemudian bisa dipelajari oleh para investor pemula. Salah seorang investor ternama yang telah berkontribusi dalam strategi investasi saham ialah Joel Greenblatt, yang juga dikenal sebagai pencetus Magic Formula. Bagaimana perjalanan investasi Joel Greenblatt hingga mencetuskan Magic Formula ?

 

Profil Singkat Joel Greenblatt

Source : www.azquotes.com

Joel Greenblatt lahir di Great Neck – New York pada Desember 1957. Joel Greenblatt merupakan lulusan The Wharton School di University of Pennsylvania, ia berhasil menerima gelar BS Summa Cum Laude pada tahun 1979 dan gelar MBA pada tahun 1980. Ia menghabiskan satu tahun belajar hukum di Standford Law School di California, kemudian ia mengembangkan keahlian karirnya di bidang keuangan. Joel Greenblatt juga merupakan anggota Komite Investasi Dewan Direksi untuk Universitas Pennsylvania dan Federasi UJA. Ia juga pernah bekerja sebagai penasihat khusus di Rahpsody Acquisition Corp dan Arpeggio Acquisition Corp. Dan dikenal sebagai mantan ketua Alliant Techsystems.

 

Perjalanan Investasi Joel Greenblatt  

Tahun 1985, Joel Greenblatt mulai mendirikan sebuah Hedge Fund yang dinamai Gotham Capital, dengan nilai investasi sebesar $7 juta. Kemudian di tahun 1989, Robert Goldstein bergabung dengan Gotham Capital. Dan berhasil mengelola pengembalian tahunan sebesar 50% dari tahun 1985 hingga tahun 2005 dengan berinvestasi dalam situasi khusus seperti spin off ataupun restrukturisasi perusahaan lainnya. Pencapaian ini, karena Joel Greenblatt menggunakan banyak metode yang dipraktekkan dalam bukunya “You Can Be a Stock Market Genius”.

Di saat yang sama Joel Greenblatt, pernah menjabat sebagai Managing Principal dan Co-COP di perusahaan Gotham Asset Management, LLC, yang ditujukan untuk investor institusional dan ritel. Ia juga merupakan pendiri dari New York Securities Auction Corporation (NYSAC). Bahkan sejak tahun 1993, Joel Greenblatt telah menjadi Chairman dan Principal Executive Principle di St Lawrence Seaway Corp. Bahkan ia pernah menjabat sebagai direktur di perusahaan Pzena Investment Management.

Joel Greenblatt merupakan investor yang mengikuti dan menerapkan pendekatan investasi berbasis nilai (value-based investment), dari fokusnya tersebut Joel Greenblatt kemudian membangun forum investasi yang dinamakan Value Investor Club yang dibentuk pada tahun 1999 oleh Joel Greenblatt dan John Petry. Value Investor Club – forum bagi investor individu dan profesional untuk bertukar ide investasi untuk publik dan per artikel ini ditulis Value Investor Club ini sudah memiliki 500 anggota aktif.

Source : www.valueinvestorsclub.com

Di saat yang sama, Ia juga menuangkan pemikirannya melalui karya tulis, beberapa buku best seller Joel Greenblatt yakni : “You Can Be a Stock Market Genius” dan “The Little Book That Beats the Market”, kedua buku ini telah mengilhami dan mengubah pandangan banyak investor di seluruh dunia. Bahkan ia juga merilis sebuah buku lainnya bertema ‘The Big Secret for the Small Investor”.

Dalam salah satu bukunya, “The little book that beats the market” yang ia tulis untuk mengajarkan karyawannya cara menghasilkan uang, dengan cara mengelola uang mereka sendiri dan menginvestasikannya sendiri. Hal ini karena kebanyakan orang mempercayakan uang mereka kepada para profesional. Tetapi Greenblatt mengamati bahwa kebanyakan dari mereka tidak bisa mengalahkan pasar (underperform), dan itu karena mereka membuat investasi terasa rumit.

Melalui buku ini pula, Joel Greenblatt memperkenalkan Magic Formula sebagai metode dalam menjalankan investasi nilai yang diyakini akan memberi return lebih baik dibanding rata-rata pasar dan berisiko rendah. Hal ini dibuktikan dengan data histori yang dicantumkan dalam bukunya tersebut, seperti berikut..

Source : diskartes.com

 

Bahkan pencapaian Joel Greenblatt ini juga diakui oleh Wall Street :

”Joel Greenblatt adalah orang yang tepat mengajarkan tentang saham dan bagaimana mengeruk keuntungan dari sana.” – The Wall Street Journal.

 

Magic Formula – Prinsip Investasi Joel Greenbalt

Investasi saham bagi Joel Greenbalt, adalah hal yang cukup sederhana, bahkan bisa dengan mudah diimplementasikan oleh semua orang. Joel Greenbalt sendiri, mengungkapkan setidaknya seorang investor harus tertarik pada 2 hal saat ingin menginvestasikan uangnya ke dalam saham :

  • Pertama, investor harus lebih tertarik untuk membayar dengan harga yang murah. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan membeli bisnis yang menghasilkan lebih banyak dibandingkan dengan harga yang kamu bayar. Dengan kata lain, kamu harus membeli perusahaan dengan hasil pendapatan yang relatif tinggi.

 

  • Kedua, investor harus bisa membeli saham dengan bisnis yang bagus. Kamu harus membeli perusahaan dengan Return on Capital yang relatif lebih tinggi.

 

Bila digambarkan ke dalam bentuk rumus, maka seperti berikut :

Keterangan :

  • Earnings Yield : adalah kebalikan P/E ratio, jadi saham dengan P/E 20 bisa dikatakan memiliki earning yield 5%. Rasio ini dimodifikasi Joel Greenblatt dengan melakukan membagi EBIT dengan yang di sebut “Enterprise Value” yang merupakan jumlah dari nilai pasar dari ekuitas dan utangnya.
  • Return on Capital (RoC): merupakan hasil pembagian EBIT (Earnings Before Interest & Tax) dengan jumlah Capital Employed (Modalnya yang dipergunakan).

Adapun dasar dari Magic Formula ini adalah value investing yang ditambahkan dengan faktor katalis (pemercepat), dengan begitu saham-saham pilihan kita bisa memberikan return dalam waktu yang lebih singkat. Prinsip investasi Joel Greenblatt ini dilakukan dengan mengurutkan perusahaan berdasarkan yield laba perusahaan (laba sebelum bunga dan pajak) dengan menghitung laba per lembar saham dengan harga saham perusahaan tersebut. Karena earnings yield yang tinggi mencerminkan bahwa suatu saham dijual dengan harga yang murah. Sedangkan Return on Capital (RoC) yang tinggi mengindikasikan suatu saham memberikan return yang tinggi terhadap nilai investasi kita. Kombinasi dari keduanya, bisa membantu kita dalam usaha menemukan saham-saham potensial untuk berinvestasi.

Setelah menghitung earning yield dan RoC, kemudian melakukan pemeringkatan terhadap saham-saham berdasarkan kedua kriteria tadi, dengan skor Magic Formula…

Di mana saham dengan RoC tertinggi akan berada pada peringkat satu, begitu pula dengan Earning Yield yang tertinggi juga berada pada peringkat satu. Barulah menjumlahkan peringkat suatu saham untuk kedua kriteria. Jadi untuk rangking saham berdasarkan RoC, bila sudah ketemu 30 saham barulah dilihat yang paling besar, setidaknya pilih 10 saham dengan RoC paling tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan rangking saham berdasarkan Earning Yield, dengan memilih 5 saham dengan kombinasi terbaik untuk dibeli.

Joel Greenblatt sudah pernah mencobanya di Pasar Modal Amerika Serikat, dengan tingkat hasil investasi sekitar 30% dalam setahun dan lebih baik dari indeks pasar di Amerika Serikat.

 

Untuk Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan Anda, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Mei 2021 yang akan segera terbit di sini…

 

 

 

Magic formula di atas adalah rahasia Joel Greenbalt dalam menghasilkan banyak uang, dengan quote…

Dengan menghilangkan perusahaan yang mendapatkan RoC kecil, rumus ajaib dimulai dengan sekelompok perusahaan yang memiliki RoC yang tinggi. Kemudian mencoba untuk membeli perusahaan-perusahaan di atas rata-rata dengan harga di bawah rata-rata.” –Joel Greenbalt-

Adapun filosofi yang tersimpan di balik quote dari Joel Greenblatt ini adalah hal fundamental yang selalu di terapkan oleh kebanyakan Value Investor dunia. Memang benar, rahasia di balik investasi yang menguntungkan itu adalah saat Anda bisa menemukan nilai “tersembunyi” dari sebuah perusahaan dan membeli saham nya di bawah nilai yang sesungguh nya.

Sayangnya, perhitungan Magic Formula ini tidak cocok untuk diterapkan pada perusahaan keuangan maupun perbankan. Lantaran pada umumnya, bisnis perbankan lebih banyak menyebabkan utang/debt yang relatif tinggi. Sehingga dikhawatirkan akan menimbulkan bias saat menerapkan Magic Formula ini.

 

Kesimpulan

Joel Greenblatt tidak hanya seorang investor nilai, namun juga merupakan seorang akademisi, sekaligus penulis. Pandangannya juga menjadi semakin menarik dengan memperkenalkan Magic Formula, yang diyakini akan memberi return yang lebih baik dibanding rata-rata pasar dan berisiko rendah. Dengan hanya memperhatikan Earnings Yield dan Return on Capital (ROC) untuk menyeleksi saham-saham mumpuni mana saja yang layak dipertimbangkan untuk dibeli.

Nah, kira-kira seperti itulah Perjalanan Investasi Joel Greenblatt hingga Strategi Investasi “Magic Formula” bisa dikenal luas sampai saat ini.

Jadi, metode pendekatan investasi mana yang sesuai dengan profil risiko kamu ? Baca lebih banyak lagi yuk, artikel mengenai tokoh-tokoh inspiratif yang menerapkan value investing dalam perjalanan investasinya…

 

### 

 

Info:

 

 

Tags : Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt | Perjalanan Investasi Joel Greenblatt

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Share this Post

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami