Mengenal Sosok Kamala Harris : Wakil Presiden AS ke 46

Mengenal Sosok Kamala Harris : Wakil Presiden AS ke 46


Pemilihan presiden AS ke 46 kali ini, cukup menarik banyak perhatian. Pasalnya kandidat presiden Joe Biden dari Partai Demokrat, resmi memilih Senator Kamala Harris sebagai pasangannya dalam pemilihan presiden AS tahun 2020 ini. Nah, siapakah Kamala Harris ini ? Dan seperti apa profilnya sebelum akhirnya mencalonkan diri sebagai calon wakil presiden AS ?

 

Mengenal Sosok Kamala Harris : Wakil Presiden AS ke 46

[Baca lagi : Mengenal Istilah Electoral College dalam US Election]

 

Nama Kamala Harris belakangan ramai diperbincangkan publik, pasalnya Kamala Harris adalah seorang wanita berkulit hitam, yang bertarung dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden AS ke 46. Dan keduanya pun berhasil mendapatkan kursi kepemimpinan sebagai Presiden dan Wakil Presiden AS dalam empat tahun ke depan.

Kamala Harris yang maju sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Joe Biden, dalam proses pemilihan presiden AS ke 46 kemarin, berhasil mengungguli perolehan suara atas pasangan petahana dari Partai Republik, Donald J Trump dan Mike Pience di Pennsylvania. Adapun setelah pengumuman kemenangan di beberapa negara bagian, rupanya telah menempatkan Joe Biden dan Kamala Harris pada 270 suara elektoral yang memang dibutuhkan untuk bisa menang. Sementara pihak petahana, Donald Trump hanya mengantongi 213 suara.

 

Source : CNN Projection

 

Sejalan dengan kemenangannya itu, Kamala Harris pun menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh pemilih yang telah memberikan dukungan kepadanya dan Joe Biden untuk memimpin AS selama empat tahun ke depan. Hal ini disampaikan dalam pidato kemenangan yang diselenggarakan pada 8 November 2020 lalu, di bawah ini adalah salah satu kutipan pernyataan Kamala Harris :

“Terima kasih telah memberikan jumlah yang sangat banyak untuk membuat suara Anda di dengar”

“Untuk warga Amerika : Tidak peduli siapa yang Anda pilih, saya akan berusaha untuk menjadi wakil presiden seperti halnya Joe bagi Presiden Obama, yang setia, jujur, dan siap, bangun setiap hari memikirkan Anda dan keluarga Anda. Karena sekaranglah pekerjaan yang sebenarnya dimulai.
Kerja keras. Pekerjaan yang diperlukan. Kerja bagus. Pekerjaan penting untuk menyelamatkan nyawa dan mengalahkan pandemi ini. Untuk membangun kembali ekonomi kita agar berhasil bagi orang yang bekerja.

 

Source : : www.pramborsfm.com

 

Demikian halnya dengan Joe Biden, yang mengumumkan keputusannya :

“Saya memiliki kehormatan besar untuk mengumumkan bahwa saya telah memilih Kamala Harris sebagai calon Wakil Presiden. Kamala Harris adalah pejuang yang tak kenal takut bertarung untuk kepentingan rakyat kecil dan salah satu pelayan rakyat terbaik.”

 

Profil Kamala Harris

Lantas siapakah Kamala Harris ?

Bernama lengkap Kamala Devi Harris, lahir di Oakland – California pada 20 Oktober 1964. Ia merupakan anak sulung dari dua bersaudara yang lahir dari seorang Ibu bernama Shyamala Gopalan Harris wanita asal India, dan ayah bernama Donald Harris yang merupakan seorag imigran berkulit hitam asal Jamaika. Sedangkan adiknya, bernama Maya Harris. Sayangnya kedua orang tua Kamala Harris bercerai, membuat Kamala Harris dan adiknya dibesarkan oleh sang ibu yang berprofesi sebagai peneliti kanker, sekaligus aktivis hak-hak sipil. Kamala Harris pun tumbuh dengan memeluk kebudayaan India.

 

Source : www.pramborsfm.com

 

Di masa remajanya, Kamala Harris seringkali ikut bersama ibunya dalam kunjungan ke India. Kendati demikian, Kamala Harris ini menegaskan, bahwa ibunya lebih menganut budaya Afrika – Amerika Oakland, sehingga hal itulah yang lebih mempengaruhi Kamala Harris bersama dengan adik perempuannya, Maya.

Kamala Harris menuntaskan pendidikan Sarjana di Howard University pada tahun 1986, merupakan perguruan tinggi yang memiliki sejarah sebagai kampus warga kulit hitam terkemuka di AS. Selanjutnya, Kamala Harris juga menuntaskan pendidikan Doktor di University of California. Bahkan ketika masih mahasiswa, Kamala Harris juga pernah menjadi anggota perkumpulan mahasiswa kulit hitam terkemuka, yakni Alpha Kappa Alpha. Pengalamannya selama mengenyam pendidikan, ia jadikan sebagai hal yang paling membentuk kepribadian dirinya. Di luar daripada itu, rupanya Kamala Harris ini juga banyak belajar dari Thurgood Marshall, Constance Baker Motley, dan Charles Hamilton Houston untuk menjadi pribadi yang kuat sehingga bisa melindungi sesama.

 

Histori Singkat : Kiprah Kamala Harris

Kamala Harris merupakan anggota dari Partai Demokrat. Jauh sebelum terpilih sebagai Wakil Presiden AS, Kamala Harris ini sudah seringkali menduduki jabatan-jabatan penting. Ia memulai karirnya di Kantor Kejaksaan Distrik Alameda County. Sebelum akhirnya, ia memenangkan pemilihan pertama menjadi Jaksa Wilayah San Fransisco 27 pada tahun 2003.

Berikutnya, ia juga terpilih menjadi Jaksa Agung California ke 32 pada tahun 2010, ia menang dengan selisih kurang dari 1% dan menjadikan ia sebagai wanita pertama dan orang Afrika – Amerika pertama yang memegang jabatan penegak hukum tertinggi di negara bagian terpadat di AS itu. Menariknya, dalam dua periode masa jabatannya sebagai jaksa agung, Kamala Harris mendapatkan reputasi sebagai salah satu bintang Partai Demokrat yang pada saat itu naik daun.

Bahkan ia juga menjadi Senator Junior untuk California yang menjabat sejak tahun 2017, posisinya itu menjadikan Kamala Harris sebagai senator yang bertugas di Komite Keamanan dalam Negeri dan Urusan Pemerintah. Dengan itu, ia menjadi wanita Afrika – Amerika kedua dan Asia Selatan – Amerika pertama dalam sejarah Amerika.

Tak hanya itu, Kamala Harris ini juga aktif di Homeland Security and Governmental Affairs Committee, Select Committee on Intelligence, Committee on the Judiciary, dan Committee on the Budget. Dengan jabatan-jabatannya tersebut, Kamala Harris dikenal sebagai pribadi yang tangguh dan tegas.

Menariknya, disela-sela aktivitasnya tersebut, Kamala Harris pun telah menerbitkan buku yang dikenal luas oleh khalayak. Beberapa di antaranya yang cukup dikenal publik adalah ‘The Truths We Hold : An American Journey” pertama kali diterbitkan pada Januari 2019, sebuah buku tentang inti kebenaran yang menyatukan dan perjuangan panjang. Buku ini menawarkan kelas master dalam pemecahan masalah, di manajemen krisis, dan juga kepemimpinan dalam masa-masa sulit.

Buku Kamala Harris : The Truths We Hold : An American Journey”

 

Kemudian, buku Kamala Harris lainnya yang juga dikenal publik adalah ‘Smart on Crime’ yang ia tulis bersama dengan Joan O’C Hamilton yang diterbitkan pada Oktober 2009. Berisikan tentang perubahan yang diperlukan yang dianggap akan meningkatkan keamanan publik, mengurangi, biaya, dan memperkuat komunitas. Ia menguraikan visinya tentang bagaimana seharusnya sistem peradilan pidana berfungsi.

Buku Kamala Harris : “Smart on Crime

 

Prestasi yang Pernah Ditorehkan Kamala Harris

Joe Biden pastinya tidak sembarangan memilih Kamala Harris sebagai sosok wakil presiden. Pasalnya, Kamala Harris sendiri sudah memiliki segudang pencapaian yang membuat Joe Biden memilihnya menjadi wakil presiden.

 

Source : Wikipedia

 

Beberapa di antaranya adalah pencapaian Kamala Harris yang dikenal handal dalam menangani berbagai masalah sosial, antara lain menangani kasus kekerasan, perdagangan narkoba, pelecehan seksual. Tak hanya itu, Kamala Harris juga dikenal pandai dalam menyelesaikan kasus-kasus fundamental seperti halnya advokasi hak asasi manusia, yang kian membuat reputasi kinerjanya meningkat. Bahkan Kamala Harris pun terbilang tegas dalam melindungi kesetaraan dan keadilan, termasuk untuk ras kulit hitam yang seringkali diabaikan.

Kamala Harris juga dikenal tegas dalam menuntut para pelaku perdagangan senjata maupun perdagangan manusia. Selain daripada itu, Kamala Harris ini juga memperkenalkan undang-undang kenaikan upah pekerja, dan memberikan dukungannya terhadap implementasi perawatan kesehatan sebagai hak setiap warga AS, termasuk dengan memperluas akses perawatan anak untuk orang tua yang bekerja.

Source : www.cnnindonesia.com/pidato-lengkap-kemenangan-kamala-harris

 

Kamala Harris juga dikenal sebagai sosok yang sering berkampanye secara teratur di HBCUs, dan ia mencoba untuk mengatasi kekhawatiran ras kulit hitam muda, yang bersemangat dalam upaya yang kuat untuk membongkar rasisme sistemik di AS. Oleh karenanya, Ia seringkali dikenal sebagai sosok yang gemar menyerukan reformasi kepolisian di tengah-tengah protes anti-rasisme.

Deretan prestasi tersebut, menjadi salah satu hal yang berhasil memukau Joe Biden. Bahkan Joe Biden sendiri mengakui kekagumannya, dengan menilai Kamala Harris sebagai sosok wanita yang progresif dan berprinsip. Lebih daripada itu, Joe Biden juga menggambarkan Kamala Harris sebagai pejuang yang tak kenal takut untuk kalangan kecil. Sekaligus sebagai salah satu pegawari negeri terbaik AS.

 

Kamala Harris Sempat Beda Pendapat dengan Joe Biden

Hal lain yang perlu kita ketahui, tentang pribadi Kamala Harris. Adalah fakta bahwa Kamala Harris sempat berbeda pendapat dan beradu argumen dengan Joe Biden pada saat debat Demokrat pertama pilpres 2020. Permasalahan tersebut mencuat, ketika Kamala Harris mencela Joe Biden terkait dengan program bus tahun 1970-an yang memaksa integrasi sekolah-sekolah. Akibatnya pamor Kamala Harris ini terpaksa turun di kalangan para pendukung Partai Demokrat. Ia pun akhirnya, memutuskan mundur dari pencalonan pada Desember 2019. Meski demikian, pada Maret 2020 ia kembali memutuskan mendukung Joe Biden.

Kendati demikian, Joe Biden sendiri mengklaim bahwa dirinya tak sedikitpun menyisakan dendam dan amarah terhadap Kamala Harris setelah debat soal bus sekolah kala itu. Justru sebaliknya, Joe Biden menggambarkan, kepribadian Kamala Harris sebagai sosok yang berintelektual kelas I.

 

Kesimpulan

Kamala Harris telah membuat sejarah baru bagi AS, bahkan secara tidak langsung ia telah membantu Joe Biden maju untuk memenangkan kursi kepresidenan AS, dan mengakhiri pemerintahan Donald Trump yang penuh gejolak. Kamala Harris setidaknya telah berhasil melibas penghalang yang hampir semuanya berkulit putih. Ia bukan hanya pernah menduduki sejumlah jabatan penting di AS, namun kini ia pun akan maju menjadi Wakil Presiden AS. Hal itu semakin mengukuhkan dirinya sebagai orang Afrika – Amerika dan Amerika – Asia Selatan yang pertama memegang jabatan itu. Ia pun telah menambah panjang daftar kepemimpinan orang kulit hitan di Amerika Serikat, setelah sebelumnya Obama yang memiliki rekam jejak sebagai Presiden AS selama dua periode beruturut-turut, yakni periode I pada tahun 2008 – 2012 dan berlanjut pada tahun 2012 – 2016.

Kepribadian Kamala Harris yang dinilai tangguh dan tegas, diharapkan akan membawa perubahan yang lebih baik di AS. Terutamanya, dalam hal membongkar rasisme sistemik di AS. Sehingga tidak ada lagi perbedaan ras baik warga kulit putih maupun warga kulit putih. Kemenangan Kamala Harris sebagai Wakil Presiden AS, dinilai akan mengutamakan kepentingan rakyat.

 

###

 

Nah, untuk Anda yang ingin atau sedang menyusun investing plan Anda, tapi memiliki waktu yang terbatas untuk mengolah banyaknya informasi yang beredar, Anda bisa menggunakan Monthly Investing Plan edisi Desember 2020 telah terbit…

Monthly Investing Rivan Kurniawan

 

###

 

Info:

 

 

Tags : Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris | Mengenal Sosok Kamala Harris

You may also like

1 Comment

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami