Testimonial


M. Banyu Adiputra, Head of Business Development TICMI
Di usianya yang masih muda, pengalaman Rivan di pasar modal, khususnya berinvestasi saham, sudah cukup banyak baik manis maupun pahit. Rivan telah sangat baik menyikapi berbagai pengalaman tersebut, dimana salah satunya dibuktikan dengan menjadi value investor (sebelumnya daily trader yang berisiko tinggi).
Setelah mempelajari beberapa inisiatifnya, akhirnya saya memutuskan untuk mengajak Rivan menjadi salah satu partner di perusahaan tempat kami bekerja, The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) untuk memfasilitasi kelas value investing bagi para investor.
Dengan materi pembelajaran yang komprehensif dan praktis serta kepribadian yang baik, saya yakin Rivan Kurniawan adalah ‘value stock’ yang akan menjadi ‘blue chip’ di pasar modal Indonesia.
Fadly Fatah, Senior Officer Unit Edukasi Bursa Efek Indonesia

Rivan Kurniawan merupakan salah satu praktisi fundamental pasar modal yang mumpuni serta memiliki pribadi yang baik, kemampuannya dalam mendeliver analisa fundamental (yang selama ini dirasa sulit untuk dipelajari oleh masyarakat awam) kepada orang lain dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami menjadikannya salah satu di antara sedikit praktisi fundamental yang bisa melakukan hal tersebut.

Kemampuannya ini menjadikan Rivan sebagai salah satu praktisi yang dibutuhkan pasar modal saat ini agar dapat menciptakan investor pasar modal yang cerdas mengambil keputusan investasi secara mandiri dan tidak “ikut arus”. Pasar modal memerlukan lebih banyak lagi praktisi seperti Rivan, terus semangat dalam berkarya dan terus semangat dalam ikut memajukan pasar modal Indonesia..

 

Titus Dondi, President Director Trias Mitra – titus170169@gmail.com

Selama ini saya main saham lebih ke intuisi ketimbang memahami fundamental saham yg saya beli. Sehingga akhirnya sering saya mengambil keputusan based on feeling. Dan akibatnya sering saya panik dan cepat ambil keputusan ketika suatu saham tiba tiba turun. Selama ini, saya sudah sering baca analisa dari pakar saham, namun sebagian besar isinya lebih ke advice nya “main aman”, mis: harga batu bara naik pesat, saatnya untuk invest di saham mining, kalo harga saham naik membanggakan hasil analisanya yg akurat, dan ketika saham turun bilangnya udah kasih warning di awal.

Hingga suatu hari saya dikirimkan analisa saham oleh saudara Rivan. Begitu baca semua artikelnya, saya langsung terkesan dengan analisa Rivan yang lugas, jujur, dan tajam. Satu hal mendasar yang sangat membedakan Rivan dan analis saham lainnya adalah, bahwa Rivan bukan hanya sekedar analis, bukan juga seorang profesional yg bekerja di perusahaan sekuritas, namun Rivan terjun langsung bermain saham di pasar saham. Jadi analisanya adalah berdasarkan fakta bukan sekedar teori.

Saya langsung kirim portfolio saham yang saya miliki, ada 17 saham portfolio saya saat itu. Tanpa basa basi mengajukan pertanyaan sederhana ke Rivan, yaitu saham-saham mana yang sebaiknya saya lepas dan saham-saham apa saja yang harus saya keep. Rivan tidak langsung menjawab pertanyaan saya, dia minta waktu untuk get back ke saya dengan hasil analisanya. Besok paginya saya dapat jawaban hasil rekomendasinya. Saya terkejut dan terpesona luar biasa dengan analisa rekomendasi Rivan. Dengan sangat rinci dan detail Rivan memberikan analisa setiap saham yg saya miliki. Dan tidak berhenti sampai disitu, Rivan juga dengan lugas memberikan rekomendasi ke saya based on tabel analisa yg dibuat.

Hingga saat ini (Februari 2017) dari ke 10 saham yg saya keep , 8 saham dalam posisi HIJAU (positif margin), dan 2 saham dalam posisi MERAH (negatif margin). Dan uniknya dari 8 saham yg HIJAU, semuanya adalah saham-saham yang direkomendasikan hold (5 saham) dan saham baru yg direkomendasikan beli (3 saham), yaitu KBLI, WOMF, dan CEKA. Sementara 2 saham yang MERAH adalah saham2 yg direkomendasikan wait and see.

Saya sungguh puas dengan posisi portfolio saya saat ini. Terimakasih Rivan sudah bantu saya tidur dengan tenang. Di sini, saya memetik satu pelajaran penting. Ketika kita memiliki keyakinan kuat, maka kita tidak mudah ikut arus. Bahkan kita mampu memiliki keberanian melawan arus mengambil keputusan terbaik berdasarkan keyakinan kita. Namun keyakinan itu hanya bisa tumbuh ketika kita memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai fundamental saham tersebut. Dan hal itu saya dapatkan dari Rivan, guru terbaik saya di dunia investasi. Salam sukses selalu.

 

Daniel Bung, Businessman, Trader, dan Investor – danielbung@gmail.com

Rivan telah membuktikan bahwa dirinya sangat menguasai dan ahlinya dalam bidang Fundamental Analisis dan terutama VALUE INVESTING, ini bisa saya simpulkan sejak Private Session dengannya. Selama perjalanan waktu puluhan tahun dalam dunia Trading inilah pertama kalinya saya berhasil mendapatkan gambaran yang sangat jelas, simple dan efektif mengenai VALUE INVESTING dari seorang Rivan Kurniawan.
Penjelasannya mengenai Fundamental Analisis dan Value Investing sangat mudah dipahamin ini karena Rivan telah menguasainya secara baik dan benar melalui pengalamannya bertahun-tahun. Selain Private Session dengan Rivan secara langsung, ada juga tools screener saham yang begitu efektif, cara menentukan harga saham Undervalue, Margin of Safety serta Monthly Investment Plan yang senantiasa memberikan update melalui email dan kita bisa juga mengikuti setiap perkembangan bursa saham melalui tulisannya di Facebook maupun Website.
Ilmu dan pengetahuan ini adalah wajib bagi siapapun yang akan masuk ke Bursa Saham, sehingga setiap modal yang akan di investasikan bisa tepat sasaran, resiko yang terukur dan memberikan profit yang maksimal baik jangka menengah maupun jangka panjang.
Saya pertama kali mengenal Rivan di masa kuliah dulu sebagai mahasiswa yang pintar dan pandai bergaul. Kami baru bertemu lagi ketika Rivan memutuskan untuk berwirausaha menjadi value investor. Setelah mempelajari beberapa inisiatifnya, akhirnya saya memutuskan untuk mengajak Rivan menjadi salah satu partner di perusahaan tempat saya bekerja, The Indonesia Capital Market Institute (TICMI) untuk memfasilitasi kelas value investing bagi para investor.
—————————————————————————————————————————————–

Testimoni Alumni Workshop Value Investing

  
 Jimmy Susanto – ajsusanto@gmail.com
 Barry Baldemar – barrybaldemar@gmail.com
 Nora Juliana – manizeagape@gmail.com

Fredy Agus – fredy.agus@gmail.com

 Slamet Isun – riyadi.isun@gmail.com

 Harris Darmawan – harris@finansialku.com

Fauzi Lee – fauzilee@ymail.com
Materi sangat bagus utk seseorang yg ingin menjadi seorang investor di pasar modal, dan disajikan dalam bahasa yang sangat sederhana sehingga mudah dipahami utk kemudian diaplikasikan dalam memilih emiten yang bagus dari sisi fundamental analysis
Stanico Marero – stanico_marero@yahoo.com
Sebelumnya saya berterima kasih kepada Pak Rivan untuk Workshop Value Investing dua hari kemarin. Secara pribadi saya baru mengenal pasar modal awal tahun ini dan sebelumnya masih belum jelas mengenal Value Investing tersebut. Dalam dua hari workshop kemarin banyak pertanyaan saya yang sudah terjawab dan beberapa hal baru saya dapatkan. Overall cara Pak Rivan dalam membawakan Workshop yang menurut saya lebih jelas dan dalam menjawab beberapa pertanyaan lebih jelas dan interaktif, disertai dengan bebrapa pengalaman pribadi Pak Rivan sehingga kita bisa jadikan referensi. Saya harap akan ada workshop selanjutnya dari Pak Rivan di Pangkalpinang, karena menurut saya workshop yang kali ini yang the best di antara pembicara-pembicara Value Investing sebelumnya yang pernah diundang pihak BEI.
Rizky Wahyudi – rizky.wahyudi@yahoo.com
Workshop Value Investing ini sangat bermanfaat bagi investor pemula seperti saya untuk memilih saham yg layak dijadikan portofolio investasi saham. Gaya Pak Rivan yang luwes, suasana kelas yang nyaman serta adanya studi kasus sehingga materi mudah dipahami.
Joko Haryono – joko.haryono@sbm-itb.ac.id
Dengan adanya Workshop Value Investing Pak Rivan kemarin,memacu saya utk tambah semangat agar bisa menjadi seorang value investor dan tetap eksis di dunia saham. Saya sangat berkesan dengan Bapak Rivan, karena di usia yang relatif muda bapak sudah bisa invest for living. Secara overall sangat bagus trainingnya, kalau ada training lain saya mau ikut lagi..
Prassetiyo – spras897@gmail.com
Acara workshop value investing kemarin seru dan menarik. Materi nya juga mudah dimengerti oleh orang yang baru di pasar saham seperti saya. Terima kasih untuk Pak Rivan yang sudah berkenan berbagi ilmu.
Yedija Grace – yedija@icloud.com
Workshop Value Investing ini sangat bermanfaat sebagai landasan utk pemilihan saham, baik utk investor maupun Trader . Dengan memilih saham Yg berfundamental bagus maka tidak akan kuatir ketika sahamnya mengalami retrace. Pelajaran yang diberikan juga mudah utk dimengerti dan diikuti karena diajarkan step By step. Sehingga kita bisa mengerti dan menghitung sendiri valuasi sahamnya. Dan yang saya paling suka ialah diberikan tools utk memfilter saham Cheat Sheet, free oleh Pak Rivan. Maju dan sukses terus Pak Rivan.
Hendra Latif – hendra_latif@yahoo.com
Workshop yg sangat bermanfaat, praktis dan mudah diimplementasikan. Pak Rivan memberikan arahan yg jelas dan lengkap bagaimana menjadi seorang value investor. Rivan Kurniawan, seorang value investor muda yg mau berbagi pengetahuan tentang dunia investasi, salut
Andrian Syahputra – ariamediadesign@gmail.com
Bagi saya seminar ini sangat bagus ilmunya untuk seseorang seperti saya yang datang dari dunia kreatif desain. Di mana dalam industri kami seperti menggunakan kacamata kuda, tidak melihat potensi-potensi lainnya untuk mengembangkan personal wealth and knowledge. Saya cukup bangga bisa bergabung dalam seminar ini, pada saat ini investasi dari kami kebanyakan di sektor property. Tapi ilmu baru ini tidak hanya semata-mata tentang saham tapi juga bagaimana menilai sebuah company secara fundamental. Sesuatu ilmu yang baru bagi saya. Saya kira Value Investing bisa diperkenalkan secara lebih luas, supaya teman-teman kreatif bisa terbuka matanya dengan potensi besar yang ada diluar sana. Bapak Rivan ini sudah terlalu baik membagikan ilmunya, so dari saya terima kasih dan salam sukses kedepannya. Maybe next time kalau ada seminar / workshop lain saya mau join lagi.
Fredy Agus – fredy.agus@hotmail.com

” Setelah saya mengikuti workshop RK tentang value investing, saya sangat shock karena selama ini saya  menganggap laporan keuangan itu terlalu rumit sehingga saya abaikan [mayoritas trader pemula LOL]. Ternyata dalam ws ini saya belajar dengan mudah karena materinya dibawa dengan simple sehingga kita  mengetahui key’ indicator apa saja yang perlu diperhatikan dlm sebuah laporan keuangan !

Dari workshop ini saya juga belajar bahwa kita dapat mencetak profit dalam jangka panjang sekalipun indeks berbalik arah (bearish) dan kabar baik dari bearish ini yaitu akan lebih banyak ditemukan emiten/saham yang valuasinya undervalue which means we can get low price but not in value. 

Dina Purnama – dina_usagigirl@yahoo.com
Hallo pak Rivan, bisa dibilang saya pemula untuk trading saham, baru 2 buku yang saya baca tentang saham dan dibantu oleh 1 orang teman saya sekaligus guru trading. ini pertama kalinya saya ikutan workshop tentang saham, Saya dapat rekomendasi dari teman saya yang sudah pernah ikut workshop value investing dan kesannya bagus, oleh karena itu saya berani untuk memutuskan join. Rundown juga jelas, simple dan tidak membosankan. Susunan acaranya sudah pas, materinya juga sangat cocok untuk pemula maupun teman kita yang sudah ada pengalaman di trading, mudah dimengerti dan tidak bosan karena permateri ada waktu sekitar satu jam setengah- dua jam untuk diskusi kelompok, dan kemudian ada jeda break. Pembawaan materi dari pak Rivan sendiri sangat jelas dan penyampaiannya tidak berbelit belit dan tepat sasaran. Dan kita juga mendapatkan bekal investasi, paling beruntung setelah selesai mengikuti acaranya dapat oleh oleh file rumus cara pilih saham yang “salah” harga. Overall, saya beruntung bisa kenal pak Rivan untuk dapat ilmu value investing. Thank you, ga sabar buat ikutan acara selanjutnya.

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Saya adalah seorang Value Investor. Saya memulai investasi sejak tahun 2008 ketika saya berumur 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, saya berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Saat ini, saya memberikan jasa konsultasi kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko.

Like Us On Facebook

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami