Investor, Apakah Kamu Sudah Tahu Tentang Public Expose ?


Setelah minggu lalu kita membahas tentang Laporan Tahunan sebagai sumber informasi, sebenarnya ada sumber informasi lain yang dapat digunakan namun jarang diketahui investor. Sumber informasi tersebut adalah : Public Expose. Apa saja informasi – informasi yang ada di dalam Public Expose yang dapat ditemukan oleh investor?

 

Apa itu Public Expose?

Public Expose – atau yang biasa disebut juga dengan Paparan Publik – merupakan pemaparan informasi rutin yang harus dilakukan emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia kepada public, karena terkadang ada hal-hal yang tidak disampaikan di dalam laporan tahunan maupun laporan keuangan perusahaan.

Public Expose juga merupakan pemaparan informasi yang diterbitkan oleh emiten terkait progress perusahaan dalam satu kurun periode tertentu. Berbeda dengan laporan keuangan dan laporan tahunan yang memang rutin dirilis dalam waktu tertentu, Pubex diharuskan untuk dirilis setiap tahun minimal sekali untuk mengetahui progress perusahaan dan mengundang para investor untuk mengetahui informasi terkait kinerja dan operasional perusahaan. Ada beberapa perusahaan yang merilis Pubex sekali setahun – tetapi ada juga perusahaan yang rutin merilis Pubex-nya – sebut saja misalnya 2 kali atau lebih dalam setahun.

Sederhananya, dalam Pubex ada informasi-informasi sederhana yang tidak tertera dalam laporan tahunan maupun laporan keuangan – dan karena disampaikan dengan cara dipresentasikan di depan para investor Pubex disajikan dengan lebih singkat, jelas, dan padat.

Dalam tulisan kali ini, Penulis akan mengambil contoh salah satu perusahaan penyedia komponen otomotif di Indonesia – PT Astra Otoparts Tbk atau yang biasa dikenal dengan AUTO. Di bagian berikutnya nanti kita akan melihat apa saja informasi yang terdapat dalam Pubex AUTO yang tidak terdapat di dalam laporan keuangan dan laporan tahunan. Tetapi, informasi apa saja yang dapat kita peroleh melalui Public Expose?

Perlu diingat bahwa informasi yang terkandung dalam Pubex tidak memiliki template khusus sehingga Pubex antar satu perusahaan dan perusahaan lainnya bisa memiliki kelengkapan informasi yang berbeda-beda.

 

Informasi yang dapat diperoleh di Public Expose

Di dalam Pubex sering terlampir data-data yang tidak terdapat di Laporan Keuangan maupun Laporan Tahunan. Dalam kasus ini, Penulis mengacu pada Pubex AUTO di Q3 2019 yang rilis pada akhir Oktober 2019 lalu. Sekarang, penulis akan melampirkan beberapa informasi yang terkandung di dalam public expose milik AUTO.

  • Informasi mengenai perjalanan perusahaan sejak berdiri

Di bagian awal Pubex, biasanya perusahaan akan sedikit menceritakan tentang perjalanan tentang perusahaan. Kapan waktu berdirinya, kejadian penting, maupun aksi korporasi besar yang mempengaruhi perusahaan, biasanya dijelaskan di bagian awal Pubex. Dapat dilihat di gambar atas, perusahaan memperlihatkan sejarah AUTO yang telah berdiri dari tahun 1976 dan perjalanannya sebagai perusahaan produsen berbagai suku cadang otomotif di Indonesia.

  • Informasi mengenai para pelanggan perusahaan

Pubex juga biasanya melampirkan nama-nama pelanggan yang dimiliki perusahaan. Dalam kasus ini, AUTO melampirkan pelanggannya yang dibagi berdasarkan 4 kategori; OEM Roda 2 yang di dalamnya terdapat Honda, Yamaha, Kawasaki Suzuki, TVS, ada juga OEM Roda 4 yang di dalamnya terdapat beberapa nama-nama besar juga seperti Toyota, Daihatsu, Honda, dan banyak brand besar lainnya juga. AUTO juga mengklasifikasikan kategori Kendaraan Komersial seperti; Hino, Isuzu, Mitsubishi, dan UD Trucks serta kategori Lainnya yang termasuk di dalamnya adalah Komatsu dan Kubota.

Memang mungkin tidak semua pelanggan yang diberi tahu, tetapi setidaknya pelanggan-pelanggan yang berkontribusi besar terhadap kinerja perusahaan juga dijelaskan di dalam Pubex seperti yang dilakukan AUTO – dan juga oleh perusahaan-perusahaan lainnya

  • Portfolio produk yang dimiliki Perusahaan

Di dalam Pubex, perusahaan juga biasanya melampirkan brand-brand atau produk-produk yang mereka pasarkan di market. Dalam hal AUTO, karena AUTO merupakan perusahaan produsen komponen otomotif, maka portfolio produk yang dilampirkan adalah spare parts dari banyak kendaraan. Jika Anda membuka Pubex milik AUTO, Anda akan melihat banyak slide di mana AUTO menjelaskan produk-produk, brand, atau spare part apa saja yang buat oleh AUTO dan yang dipasarkan di market. Dengan ini, investor menjadi lebih familiar dengan produk-produk perusahaan yang bersangkutan.

 

  • Menjelaskan bisnis yang dijalankan perusahaan berserta kontribusinya

Pada bagian ini, perusahaan mendeskripsikan sumber pendapatan perusahaan berasal dari bidang bisnis apa saja. Karena, belum tentu tiap perusahaan mendapatkan pendapatan yang hanya berasal dari satu lini bisnis saja – biasanya tiap perusahaan memiliki 2 atau lebih lini bisnis yang diandalkan untuk mendulang pendapatan.

Dalam kasus kali ini, AUTO menjelaskan bahwa perusahaannya mendulang pendapatan yang berasal dari dua lini bisnis; perdagangan dan manufaktur – di mana per 9M 2019 atau Q3 2019 ini masih didominasi oleh bisnis manufaktur dengan kontribusi sebesar 54% dari total pendapatan sedangkan bisnis perdagangan berkontribusi sebesar 46% terhadap total pendapatan.

Pada bagian bawah dari Pubex juga biasanya perusahaan memberi perincian lagi terhadap bisnis-bisnis yang dikelola perusahaan. Misalnya AUTO, di bagian bawah Pubex juga AUTO memberi rincian terkait bisnis perdagangan dan manufakturnya. Misalnya bagaimana sistem distribusinya, ke daerah mana saja distribusinya dan siapa kontributor terbesar dalam distribusinya, total toko / ritel yang dipunyai perusahaan, dsb. Begitu juga dengan bisnis manufaktur milik AUTO yang dijelaskan dengan memiliki anak usaha apa saja dalam manufaktur, kinerja industri dan perusahaan, dan sebagainya.

 

Apa perbedaan Pubex dengan Annual Report?

Bila Anda telah melihat-lihat Pubex – dan sebelumnya Anda telah sering juga membaca laporan tahunan, – mungkin Anda bertanya-tanya, kalau begitu apa bedanya dong Pubex dengan Laporan Tahunan?

Jelas, Pubex berbeda dengan Laporan Tahunan. Berbeda dari sisi tujuan, sisi pembuatannya, maupun cara penyampaian informasi di dalam masing-masing laporan

  • Berbeda dari sisi Tujuan

Bila Pubex diterbitkan dengan tujuan untuk keterbukaan informasi terhadap para investor – yang saat diterbitkan dan akan dipresentasikan juga di depan para investor – sedangkan laporan tahunan dirilis hanya sebagai keterbukaan informasi terkait apa yang telah perusahaan jalani dalam setahun – beserta detail-detail yang perusahaan rasa perlu untuk diketahui oleh public. Laporan Tahunan juga tidak dibuat sebuah sesi khusus untuk dipresentasikan di depan para investor – berbeda dengan Pubex tadi.

Dalam Pubex dan Annual Report memang bisa mengandung informasi yang sama – tetapi sering juga informasi di Pubex misalnya, tidak terkandung di dalam Annual Report. Begitu juga sebaliknya. Jadi, sebenarnya kedua laporan ini bersifat untuk saling melengkapi informasi satu sama lain yang akan diterima oleh investor.

 

  • Berbeda dari sisi pembuatannya

Berikutnya, dari sisi pembuatannya, Pubex jelas berbeda dengan Laporan Tahunan karena dalam Pubex dibuat dalam bentuk slide presentasi sedangkan dalam Laporan Tahunan dibuat dalam bentuk buku maupun kertas A4 – atau jenis kertas lainnya, yang tidak diperuntukkan untuk dipresentasikan. Bandingkan saja Pubex AUTO yang totalnya hanya sekitar 26 slides dengan Laporan Tahunannya yang dapat berjumlah ratusan halaman. Hal ini tidak hanya terjadi di AUTO tetapi juga di banyak perusahaan lainnya.

 

 

  • Berbeda dari sisi penyampaian informasi

Bila dilihat dari sisi penyampaiannya, di dalam Pubex informasi tersampaikan dengan simple, padat, jelas. Hanya point-point penting dan kata-kata yang dirasa sangat penting saja untuk diketahui para investor yang dimasukkan ke dalam Pubex.

Berbeda dengan Pubex, di dalam Laporan Tahunan, biasanya semua jenis informasi yang terpikirkan oleh perusahaan juga terlampir di dalamnya – yang artinya Laporan Tahunan lebih panjang hasilnya bila dibandingkan dengan Pubex. Hasil di Laporan Tahunan pun jadinya akan lebih panjang, dan lebih informatif untuk dibaca dibandingkan dengan Pubex.

 

Bagaimana Cara Memperoleh Public Expose?

Mungkin banyak dari Anda sekalian yang masih tidak familiar dengan Pubex – dan tidak tahu juga bagaimana cara mencari informasi tersebut. Sebenarnya, sama juga dengan laporan tahunan dan laporan keungan, Pubex dapat diakses di website resmi Bursa Efek Indonesia; www.idx.co.id

Langkah pertama – buka www.idx.co.id, lalu klik kiri pada bar “Pengumuman” di sebelah kanan layar

Langkah kedua – ketik “Public Expose (ticker emiten)” pada kolom “kata kunci”, misalnya “Public Expose AUTO” setelah itu klik “Cari”

Langkah ketiga – di bagian bawah kolom tadi akan terlihat banyak hasil pencarian yang sesuai, tinggal download saja materi Public Expose pada bagian “Penyampaian Materi Public Expose – Tahunan (ticker emiten)”. Jika terdiri dari 2 lampiran, biasanya lampiran pertama hanya surat, sedangkan file Pubex berada di lampiran ke-2. Di contoh AUTO, langsung saja kita klik file lampiran yang ke-2.

Langkah keempat – akan terbuka di tab baru terkait dengan file Public Expose perusahaan yang bersangkutan. Anda dapat langsung membaca dari tab baru atau silakan untuk mendownload materi public expose perusahaan.

Repot donk Pak kalau harus dikumpulkan satu per satu ? Tenanngg… Penulis telah mengumpulkan Public Expose milik perusahaan-perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia – jadi Anda tidak perlu terlalu menghabiskan waktu mencari satu per satu. Anda dapat mengakses file-file tersebut di bit.ly/PublicExpose2019.

Download Kumpulan Public Expose 2019 dari 150+ Emiten di sini.

bit.ly/PublicExpose2019.

 

Kesimpulan

Meskipun tidak banyak diketahui oleh para investor, Pubex, merupakan salah satu sumber informasi yang dapat dipakai investor dalam mengumpulkan informasi terkait emiten yang tercatat di Bursa Efek Indonesia. Melihat informasi yang disampaikan, mungkin juga banyak yang mengira bahwa Pubex tidak memiliki perbedaan dengan Laporan Tahunan.

Tetapi, Pubex memiliki perbedaan dengan Laporan Tahunan yang dilihat dari sisi tujuannya, bentuk pembuatannya, dan juga dari bentuk penyampaian informasinya. Jadi, sebenarnya Pubex dan Laporan Tahunan adalah dua hal yang berbeda – tetapi memang digunakan untuk saling melengkapi.

Bisa jadi ada informasi yang tercantum di dalam Laporan Tahunan tetapi tidak tercantum di Pubex dan bisa jadi juga sebaliknya – ada informasi yang tercantum di Pubex tetapi tidak tercantum di Laporan Tahunan. Oleh karena itu, jangan menganggap bahwa karena Pubex sama dengan Laporan Tahunan – malahan memandang Pubex sebelah mata. Kedua laporan ini adalah untuk saling melengkapi informasi yang nantinya akan dipakai investor dalam berinvestasi.

 

 

 

###

Info:

  • Monthly Investing Plan Desember 2019 telah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q3 2019 telah terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q3 2019 telah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Jadwal Workshop :
    • Ultimate Value Investing (Jakarta, 07 – 08 Desember 2019) dapat dilihat di sini.

    • RK Investment Day (Jakarta, 18 Januari 2020) dapat dilihat di sini.

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami

Translate »
error: Content is protected !!