Yuk, Maksimalkan Pendapatan untuk Investasi


Biasanya pendapatan bulanan akan habis tanpa kontrol, apalagi jika kita tidak mempunyai alokasi pengeluaran. Akibatnya, keinginan untuk investasi akan sering tertunda. Kondisi tersebut, hampir dialami oleh setiap orang yang memiliki pendapatan tetap setiap bulannya. Jadi, kira-kira bagaimana cara ampuh agar bisa memaksimalkan pendapatan untuk investasi ?

Yuk ikuti beberapa tips yang bisa Anda pakai untuk berinvestasi dengan memaksimalkan pendapatan bulanan yang Anda peroleh.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Investasi dapat Mewujudkan Impian

Banyak orang memiliki tujuan, dimana masa muda adalah masa menabur dengan cara bekerja keras sehingga pada masa tua akan menuai hasil kerja tersebut dengan bahagia. Tantangan hidup dan pengalaman mengajarkan kepada kita untuk menjadi pribadi yang semakin tangguh disamping memperoleh pendapatan sebagai keuntungan finansial.

Angan-angan untuk menikmati masa pensiun dengan bahagia ternyata belum tentu terjadi, jika menimbang pendapatan yang kita terima belum tentu menjamin kehidupan masa pensiun kelak. Faktanya, banyak karyawan yang mengundurkan diri dari pekerjaannya untuk membuka usaha sendiri atau berwiraswasta demi mendapatkan penghasilan yang lebih besar. Hal ini dilakukan untuk mewujudkan kehidupan masa tua yang bahagia.

Untuk mewujudkan impian Anda, diperlukan suatu usaha lebih selain bekerja, diantaranya adalah membuat sumber penghasilan yang lain dengan jalan investasi. Sayangnya, kebanyakan orang enggan untuk memulai berinvestasi karena beranggapan bahwa perlunya modal yang besar untuk memulai suatu investasi berikut dengan pusingnya memikirkan risiko dari kerugian yang tinggi dan keuntungan yang sepertinya tidak pasti.

 

Cara Ampuh Memaksimalkan Gaji untuk Investasi 2 - Finansialku

 

 

Memang ada instrumen investasi yang membutuhkan modal besar seperti memulai investasi dalam bidang properti, mengingat nilai properti semakin lama semakin bertambah seiring bertambahnya waktu. Namun, ada jenis instumen investasi yang tidak perlu dengan modal yang besar seperti investasi saham.

Kalau begitu, bagaimana cara memaksimalkan pendapatan melalui investasi disamping pemenuhan kebutuhan hidup sehari-hari? Bagaimana cara melakukan sistem¬†budgeting-nya. Berikut ini caranya…

 

# Buat Catatan Keuangan

Membuat catatan keuangan perlu dilakukan di awal untuk dapat memaksimalkan gaji Anda. Segala pemasukan dan pengeluaran Anda perlu dicatat secara terperinci. Anda dapat memulai dengan membuat perincian pengeluaran rutin yang bersifat wajib seperti tagihan listrik, air, telepon, internet, TV berlangganan, konsumsi, utang kartu kredit dan segala tanggung jawab pinjaman kepada bank apabila ada.

Setelah itu, Anda dapat melakukan penyusunan untuk setiap pengeluaran tersebut. Lakukan pengecekan kembali untuk melihat berbagai kemungkinan dari pengeluaran yang dapat ditekan atau diminimalisasi agar tidak membebani anggaran Anda.

Bandingkan total pendapatan yang Anda dapatkan dengan rincian pengeluaran tersebut sehingga Anda mendapatkan selisih maksimum. Dari selisih tersebut, Anda dapat memaksimalkan pendapatan melalui investasi. Dengan demikian, kondisi keuangan Anda dapat terlihat jelas sehingga modal untuk investasi dapat dikumpulkan dan dipastikan.

 

#Tentukan Instumen Investasi dan Segeralah Memulai

Lakukan riset dari setiap instrumen yang akan ambil terlebih dahulu sebelum menentukan pilihan instrumen investasi Anda. Setiap instrumen yang Anda pilih memiliki keunggulan dan kelemahannya juga tergantung pada tingkat risikonya.

Dalam berinvestasi, Anda tidak hanya memerlukan pengetahuan yang cukup namun juga tidak sembarangan untuk berspekulasi serta mengandalkan intuisi belaka. Apabila Anda memahami prosedur dan mekanisme surat berharga, Anda dapat mencoba investasi saham.

Sebagai informasi bahwa telah ditetapkan suatu perubahan mengenai satuan penjualan saham, dimana 1 lot yang awalnya berisi 500 lembar menjadi 100 lembar. Dengan adanya perubahan demikian, maka para investor dengan dana yang terbatas pun akan dapat bermain dalam investasi saham. Satuan penjualan saham dihitung dengan minimal 1 lot. Instrumen investasi saham memang cukup membingungkan terutama bagi mereka yang baru memulai untuk berinvestasi.

 

#Manfaatkan Bonus secara Efektif

Dalam usaha mengapresiasi para pegawainya, biasanya perusahaan akan memberikan bonus tahunan kepada para karyawan yang melakukan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik. Apabila perusahaan Anda menerapkan sistem tersebut, maka Anda dapat memperoleh tambahan ekstra pendapatan. Jangan tergiur untuk segera membelanjakannya.

Catatan keuangan yang telah Anda buat sebelumnya perlu dicek ulang dan memasukkan bonus tabungan sebagai suntikan dana untuk melakukan investasi atau menambah dana pensiun. Ingat, semakin besar dana yang Anda investasikan, maka potensi untuk memperoleh keuntungan yang besar juga semakin tinggi.

#Kembangkan Instrumen Investasi

Instumen investasi yang berbeda dapat menolong Anda untuk mengurangi risiko kerugian yang besar. Jangan setorkan seluruh dana Anda untuk satu jenis instrumen investasi saja. Hal ini dilakukan apabila salah satu kinerja instrumen investasi sedang menurun, Anda tidak menanggung kerugian yang lebih besar karena Anda memiliki instumen investasi lainnya yang Anda mainkan.

 

Belajar Investasi dengan Pengalaman dan Ilmu Pengetahuan

Untuk menjadi investor memang tidak selamanya mudah, namun tidak ada salahnya apabila kita mencobanya. Pengalaman dalam berinvestasi akan semakin berkembang seiring dengan waktu. Selain itu, Anda akan memiliki kejelian dan kecermatan dalam memilih instrumen yang menguntungkan dengan risiko yang cenderung lebih minimal. Sekaranglah waktunya! Kapan lagi Anda memulainya?

 

Menjadi investor, ada anggapan merupakan usaha yang gampang-gampang sukar. Apa saja tantangan yang dihadapi ketika kita berani untuk terjun dalam dunia investasi?

 

Sumber Referensi:

  • Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha. 7 Maret 2017. Cara Ampuh Memaksimalkan Gaji untuk Investasi.¬†https://www.finansialku.com/cara-ampuh-memaksimalkan-gaji-untuk-investasi/

 

 

Tags : Maksimalkan Pendapatan untuk Investasi | Maksimalkan Pendapatan untuk Investasi | Maksimalkan Pendapatan untuk Investasi | Maksimalkan Pendapatan untuk Investasi | Maksimalkan Pendapatan untuk Investasi

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami

Translate ¬Ľ
error: Content is protected !!