rumah aset atau liabilitas

Rumah, Aset atau Liabilitas ?


Apakah Anda yakin bahwa rumah yang Anda tinggali saat ini adalah sebuah aset ?¬†Aset yang dapat memberikan Anda keuntungan di masa mendatang… Atau sebaliknya, justru rumah Anda merupakan liabilitas. Lho kok, seperti demikian ? Mengapa, dan apa alasannya ?

Ada banyak orang melihat bahwa bangunan rumah adalah sebuah aset. Jika dilihat lebih dalam, bisa jadi rumah Anda bukan aset, melainkan liabilitas.

 

Rumah Belum Tentu Aset

Banyak pakar ekonomi dan keuangan di Indonesia maupun di dunia mengatakan salah satu cara untuk meningkatkan kesejahteraan adalah dengan meningkatkan aset. Permasalahannya adalah, aset itu apa? Dan apakah rumah tergolong aset?

 

Dalam ilmu ekonomi, Aset didefinisikan sebagai:

KamusAset (assets) adalah sumber daya yang dikuasai oleh perusahaan atau seseorang sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan diharapkan akan menghasilkan manfaat ekonomi di masa depan untuk pemiliknya (perusahaan atau perorangan).

 

Definisi di atas terkesan sangat teoritis dan membingungkan bagi orang awam. Dan besar kemungkinan Anda akan menggunakan definisi di atas, sebagai jawaban bahwa semuanya adalah aset. Karena semua barang yang disebutkan di atas tergolong: sumber daya yang Anda miliki, dibeli pada masa lalu dan diharapkan manfaat ekonomi (dapat dijual lebih tinggi).

Seorang pakar keuangan bernama Robert T. Kiyosaki memiliki pandangan yang berbeda. Beliau memiliki definisi yang berbeda dengan pendapat para ahli ekonomi dan keuangan pada umumnya. Definisi aset (asset) dan kewajiban (liabilities) adalah:

 

Definisi aset :

KamusAset  adalah segala sesuatu yang dapat mendatangkan pemasukan untuk Anda. Intinya Anda dapat memiliki penghasilan sekarang.

 

Definisi kewajiban:

KamusKewajiban adalah segala sesuatu yang dapat menimbulkan pengeluaran untuk Anda. Intinya Anda harus mengeluarkan uang.

 

Dengan pertimbangan, sebagai berikut :

Apakah rumah yang Anda tinggali adalah sebuah aset?

Apakah rumah Anda menghasilkan pemasukan?

Apakah rumah Anda menimbulkan pengeluaran?

Bekerja untuk Membangun Asset

Banyak orang mengatakan salah satu kunci agar hidup lebih sejahtera adalah bekerja untuk membangun asset. Salah seorang pebisnis sukses di Amerika bernama Alice Walton (pewaris bisnis WallMart) mengatakan :

 

One of the great responsibilities that I have is to manage my assets wisely, so that they create value.

Alice Walton

 

Rumah Anda Belum Tentu Aset, Bisa Jadi Malah Liabilitas - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Artinya :

Salah satu tanggung jawab terbesar saya adalah mengelola aset dengan bijak, agar aset-aset tersebut dapat menciptkan nilai.

Alice Walton

 

Ada orang yang mengatakan, bahwa jika ingin sukses kita harus belajar dari orang-orang yang sudah sukses. Jika kita ingin hidup lebih sejahtera maka kita perlu meniru apa yang dilakukan oleh orang-orang kaya, yaitu bekerja untuk membangun aset. Ingat aset yang dapat menghasilkan pendapatan saat ini, bukan sesuatu yang diharapkan untuk menghasilkan pendapatan di waktu yang akan datang.

Nah kira-kira memurut Anda, apakah investasi saham termasuk dalam aset atau liabilitas ?

 

Sumber Referensi:

  • Finansialku. 23 Mei 2016. Rumah Anda Belum Tentu Aset, Bisa Jadi Malah Liabilitas (Quiz).¬†https://www.finansialku.com/rumah-anda-belum-tentu-aset-bisa-jadi-malah-liabilitas-quiz/
###

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami

Translate ¬Ľ
error: Content is protected !!