Ragam Jenis Investasi Saham

Sudah Tahu, Ragam Jenis Investasi Saham ?


Sepertinya momentum liburan hari ini, bisa jadi Anda manfaatkan untuk kembali mereview dan mengenal ragam jenis investasi saham. Agar Anda juga bisa lebih mengenal investasi saham jenis apa yang sedang atau akan Anda jalankan nanti. Nah kira-kira apa saja ya ragam jenis investasi saham? Lalu apa bedanya saham yang satu dengan yang lain? 

Masing-masing saham yang sudah listing di Bursa Efek Indonesia, ternyata memiliki karakteristiknya tersendiri… Dari beberapa saham yang memiliki kesamaan itulah secara umum dikategorikan. Yuk simak lebih lengkapnya dalam artikel ini….

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Ragam Jenis Investasi Saham ?

Terhitung hingga akhir tahun 2018 kemarin, sudah tercata sekitar 600 lebih perusahaan yang telah tercatat di Bursa Efek Indonesia. Di mana saham-saham yang telah tercatat itu, memiliki karakteristik yang berbeda-beda, sehingga bisa dikategorikan menjadi beberapa jenis saham tertentu. Kalau dilihat, secara umum ada berapa pengkategorian saham berdasarkan jenis-jenisnya :

  • Ada kategori saham berdasarkan preferensinya

 

  • Ada kategori saham berdasarkan kapitalisasi pasarnya

 

  • Ada kategori saham berdasarkan sektornya

 Sumber : http://www.belajarinvestasi.net/saham/jenis-jenis-saham & http://www.IDX.co.id

Dengan demikian, maka bisa kita ketahui bahwa ada 2 jenis saham yang berdasarkan preferensinya, yaitu saham biasa dan saham preferen.Saham preferen sendiri merupakan bagian saham yang memiliki tambahan hak melebihi saham biasa, dan saham preferen ini terbagi menjadi 2 kategori :

  1. Saham preferen partisipasi, yaitu saham preferen yang membagikan dividen kepada pemegangnya; pemilik saham ini setelah menerima dividen, tetap mempunyai hak untuk membagi keuntungan yang dinyatakan sebagai dividen kepada pemegang saham biasa (participating preference shares).
  2. Saham preferen non kumulatif, yaitu saham preferen yang tidak mempunyai hak untuk mendapatkan dividen yang belum dibayarkan pada tahun-tahun yang lalu secara kumulatif (noncummulative preferred stock).

 

Selain itu, saham juga dibagi berdasarkan kapitalisasi pasarnya. Khusus untuk saham yang memiliki kapitalisasi pasar besar juga dikenal dengan sebutan saham blue chip, yang mengacu pada saham dari perusahaan besar yang memiliki pendapatan stabil dan memiliki aset yang besar serta perusahaannya dikenal luas oleh masyarakat. Terkait dengan saham Blue Chip, Anda juga bisa membacanya kembali di sini :

 

 

Sementara berdasarkan sektornya, saham-saham di Bursa Efek Indonesia dibagi menjadi 9 sektor dan dikelompokkan lagi ke dalam kategori industri. Pengelompokkan berdasarkan sektor dan industrinya, secara lengkap adalah sebagai berikut:

1. Sektor Utama
2. Sektor Manufaktur
3. Sektor Jasa

 

Sumber Referensi:

  • Harris Darmawan. 14 Maret 2017. Infografis: Apa Saja Jenis-Jenis Investasi Saham?. https://www.finansialku.com/infografis-apa-saja-jenis-jenis-investasi-saham/

You may also like

1 Comment

  • melia
    June 11, 2019 at 10:24 AM

    saya ingin minta saran bapak dong. sebagai seorang ibu rumah tangga yg mana saya hanya memiliki kesibukan dirumah, dan saya hanya menabung dari sisa uang belanja saja. jenis investasi apa yg cocok untuk saya jalani?

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami

Translate »
error: Content is protected !!