Investasi seperti menanam pohon

Investasi seperti Menanam Pohon, Mengapa Demikian ?


Jika Anda bertanya, tentang investasi maka sebenarnya investasi diibaratkan seperti ketika Anda sedang menanam pohon. Anda memulainya dengan bibit, yang kemudian selalu Anda pantau pertumbuhannya. Hingga akhirnya pohon tersebut membesar dan memberikan Anda keuntungan seperti halnya buah. Lantas mengapa demikian ?

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Mengapa Harus Berinvestasi?

Banyak orang bertanya Pak investasi itu seperti apa sih? Kenapa butuh investasi? Kita akan bahas bersama-sama mengenai investasi, semoga pemahaman kita mengenai investasi menjadi lebih baik.

Pertanyaan Pertama: Sebutkan sumber penghasilan Anda?

Jika Anda menjawab dari gaji, bonus dan tunjangan itu artinya Anda masih orientasi pada pendapatan aktif. Pendapatan aktif adalah jenis dihasilkan dari Anda bekerja. Nah sekarang ada sumber pendapatan lainnya yang disebut dengan pendapatan hasil investasi dan pendapatan pasif. Coba lihat gambar berikut ini :

 

Berdasarkan gambar di atas, Anda sudah tahu ada yang namanya pendapatan investasi.

Pertanyaan kedua: Menurut Anda, apakah seseorang bisa mendapatkan hasil investasi, jika orang tersebut tidak pernah berinvestasi?

Ya betul, kalo orang tersebut tidak pernah berinvestasi, orang tersebut tidak akan mendapatkan penghasilan investasi.

 

Kok Bisa Investasi itu Ibarat Orang Menanam Pohon?

Jika Anda perhatikan lebih detail gambar di atas, Anda akan melihat bahwa akan lebih baik jikamenggunakan pendapatan aktif (gaji, bonus, tunjangan), untuk dibelikan produk investasi. Nah kemudian hasil investasi tersebut yang nantinya akan menambah pemasukan kita. Nah sekarang Anda sudah tahu kan fungsi dan peran dari investasi ?

Investasi itu Ibarat Orang Menanam Pohon - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Nah investasi itu ibarat bercocok tanam atau menanam pohon. Kita mulai menanam dari benih, dari waktu ke waktu tanaman tersebut dirawat dan tumbuh subur. Menghasilkan sayuran atau buah-buahan. Begitupula dengan investasi, pertama Anda mulai dari jumlah yang kecil. Dari tahun ke tahun, investasi Anda mulai tumbuh dan mendatangkan pemasukan untuk Anda

Beberapa pertanyaan yang perlu kita renungkan:

  • Ketika Anda menanam pohon, apakah pohon tersebut bisa mati?
  • Ketika Anda menanam pohon, apakah pohon tersebut bisa tumbuh subur?
  • Jika saat ini pohon Anda tumbuh subur dan tiba-tiba ada badai. Apakah pohon Anda bisa menjadi mati?
  • Jika saat ini Anda sama sekali tidak tahu bagaimana cara menanam pohon. Seberapa besar peluang pohon Anda tumbuh subur? (Jawab: besar atau kecil?).
  • Jika saat ini Anda sama sekali tidak tahu cara menanam pohon. Kemudian Anda belajar dari membaca buku, ikut pelatihan, bertanya pada ahlinya. Seberapa besar peluang pohon Anda tumbuh subur? (Jawab: besar atau kecil?).
  • Jika saat ini Anda sudah berpengalaman menanam pohon. Seberapa besar peluang pohon Anda tumbuh subur? (Jawab: besar atau kecil?)

Ganti kata ‚Äúpohon‚ÄĚ menjadi ‚Äúinvestasi‚ÄĚ dan kata ‚Äúmenanam pohon‚ÄĚ menjadi ‚Äúberinvestasi‚ÄĚ. Hasilnya akan kurang lebih sama dengan jawaban Anda.

 

Kesimpulan

Jadi Anda sudah memahami bagaimana cara investasi yang kecil dapat menjadi besar dan menjadi sumber pendapatan bulanan kita. Pada dasarnya investasi tidak sulit, asalkan Anda mau menekuninya. Plus Anda juga tahu bahwa berinvestasi itu seperti menanam pohon, bisa tumbuh subur tetapi bisa juga mati. Tergantung pada siapa orang yang menanam, kondisi cuaca dan faktor lainnya.

 

Sumber Referensi:

  • Finansialku. 26 November 2015. Investasi itu Ibarat Orang Menanam Pohon.¬†http://www.finansialku.com/investasi-itu-ibarat-orang-menanam-pohon/
###

Info:

  • Monthly Investing Plan Mei 2019 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di¬†sini.
  • Cheat Sheet LK Q1 2019¬†sudah terbit, Anda dapat memperolehnya di¬†sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q1 2019¬†akan segera terbit. Anda dapat memperolehnya di¬†sini.
  • Jadwal¬†Workshop :
    • Stockademy Value Investing bersama TICMI (Jakarta, 22 Juni 2019)¬†dapat dilihat di¬†sini.

Tags : Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon | Investasi Seperti Menanam Pohon

You may also like

1 Comment

  • Jull
    May 17, 2019 at 9:32 AM

    Wahh Thanks Pak sudah mengingatkan dan memotivasi kaum millenial seperti saya..

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami

Translate ¬Ľ
error: Content is protected !!