cara sederhana berinvestasi saham

Untuk Mulai Berinvestasi Saham Itu Caranya Sederhana


Apakah Anda sudah mulai berinvestasi saham? Jangan bingung dulu, karena sebenarnya untuk mulai berinvestasi saham itu caranya sederhana. Jadi kira-kira bagaimana ya cara sederhana berinvestasi saham ? Yuk, simak cara-cara sederhananya..

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

 

 

Cara Sederhana Berinvestasi Saham

Sekarang di zaman yang sudah sangat modern ini Anda bisa berinvestasi dengan mudah. Sudah terdapat banyak instrumen investasi yang bisa kamu pilih, salah satunya seperti investasi saham. Dan jangan khawatir, dalam berinvestasi saham itu caranya sederhana. Bisa dijalani dengan mudah oleh setiap lapisan masyarakat, dan segala usia.

Modal awal yang diperlukan untuk memulai investasi saham pun cukup terjangkau. Bahkan hanya dengan Rp 100 ribu saja Anda sudah bisa berinvestasi saham. Bayangkan saja, mungkin Rp 100 ribu yang Anda pakai hanya untuk sekali makan di mall. Bisa menjadi modal awal untuk Anda berinvestasi.

Selain investasi saham yang bisa di mulai dari Rp 100 ribu. Masih ada instrumen investasi lainnya, yang juga dengan modal awal sebesar Rp 100 ribu. Seperti misalnya reksa dana, P2P lending, emas , dan lain sebagainya.

Apalagi, sekarang Anda sudah bisa mulai berinvestasi dengan sangat mudah. Tanpa harus pergi ke perusahaan sekuritas,  yang menjual instrumen investasi. Untuk memulai investasi, Anda bisa memprosesnya melalui smartphone. Sungguh cara yang sederhana, bukan ?

Tidak ada kata terlambat dalam berinvestasi, apalagi saat ini tersedia banyak cara sederhana berinvestasi saham. Semakin awal Anda memulai investasi, semakin banyak waktu yang tersedia agar investasi bisa bertumbuh.

 

Cara Sederhana Berinvestasi Saham

–> 1 Membuka Sebuah Akun Investasi (Investment Account)

Dulu, jika Anda ingin membuka akun investasi Anda harus pergi ke perusahaan sekuritas tertentu. Namun, di era teknologi yang sudah semakin maju ini, Anda bisa membuka akun secara online. Di mana dana yang ingin Anda investasikan juga bisa langsung di transfer melalui akun bank Anda pribadi. Namun, perlu Anda ketahui beberapa di antara perusahaan sekuritas memiliki saldo minimum awal untuk investasi.

Meskipun demikian, Anda tetap tidak perlu khawatir. Karena masih ada beberapa perusahaan sekuritas yang memberikan fasilitas berinvestasi dengan saldo awal minimum Rp100 ribu saja.

 

–>2 Membuat Uang Kamu Lebih Meningkat

Setiap sekuritas memiliki jasa broker, dan broker tersebut memiliki fee. Mulai dari fee jual, fee beli, fee bulanan, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum Anda memilih broker dari sekuritas mana, sebaiknya Anda mengetahui seberapa besar fee yang akan dikenakan.

Hal ini karena setiap broker memiliki fee yang berbeda-beda. Walaupun biasanya fee-nya tidak terlalu jauh bedanya, namun semakin kecil tentunya semakin baik. Dengan begitu, maka perlahan-lahan Anda bisa lebih menghemat. Tentunya dengan memilih broker dengan fee terendah ya. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang hanya untuk membayar fee.

 

#3 Menambah Risiko Secara Bertahap

Jika Anda saat ini masih cukup muda, ada baiknya Anda berinvestasi dalam jangka panjang. Dengan begitu, Anda akan memiliki waktu untuk mempelajari market secara mendalam. Mengingat sebagian kesalahan terbesar yang dilakukan oleh investor baru adalah tidak bertahan dengan investasi. Dan hal itu paling sering dilakukan.

Misalnya saja baru satu bulan, dua bulan dan market turun. Biasanya investor sudah menyerah. Dan akhirnya memutuskan untuk keluar dan berhenti berinvestasi. Dengan demikian, sebaiknya Anda melakukan portofolio yang seimbang. Sehingga, Anda tidak harus berinvestasi 100% di satu investasi saham saja. Anda bisa mendiversifkasikan investasi Anda ke minimal 10  investasi saham.

 

#4 Kembali Ke Kehidupan Nyata

Sekali Anda memutuskan untuk membeli saham. Segeralah cari kesibukan lainnya, dan upayakan untuk tidak melihat ke akun investasi Anda paling tidak sampai beberapa bulan. Hal itu dikarenakan kewaspadaan yang berlebihan dapat menjadi musuh terburuk untuk investor. Sebagai investor yang disiplin, baiknya Anda tidak perlu melihat pergerakan pasar sehari-hari. Jadilah seorang investor jangka panjang, dan Anda pun harus tahu bahwa investasi membutuhkan waktu.

Penurunan pasar memang terjadi namun dalam jangka panjang semua trend cenderung naik. Oleh karena itu, trik sederhananya adalah membiarkannya naik. Jadi, mulailah berinvestasi dari sekarang. Dan tidak perlu panik dengan fluktuasi yang umumnya seringkali terjadi.

 

Yuk, Berinvestasi Saham mulai dari Sekarang

Gimana ? Cara sederhana berinvestasi saham di atas, sudah membantu Anda untuk mudah memulai investasi. Dengan sangat mudah dan terjangkau.

Apakah Anda sudah siap berinvestasi saham dengan cara yang sederhana ?

 

Sumber Referensi:

  • Virtina Thionita. 27 Februari 2019. Bagaimana Cara Mudah Mulai Investasi? Saya Mau Berinvestasi Sekarang!. https://www.finansialku.com/cara-mulai-investasi/.

 

###

Info:

  • Monthly Investing Plan April 2019 akan segera terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q4 2018 sudah terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q4 2018 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Jadwal Workshop :
    • Ultimate Value Investing (Bali, 27 – 28 April 2019) dapat dilihat di sini.

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami

Translate »
error: Content is protected !!