bahaya tipuan investasi bodong

Kerap Dibayangi Tipuan Investasi Bodong, Apa yang Harus Dilakukan Investor ?


Pertumbuhan investasi Indonesia saat ini sudah cukup berkembang. Meski demikian, bukanlah tanpa alasan jika keinginan masyarakat untuk berinvestasi masih menghadapi ketakutan. Sehingga masyarakat akhirnya urung niat untuk berinvestasi, hanya karena kerap dibayangi bahaya tipuan investasi bodong. Hingga saat ini pun, bahaya tipuan investasi bodong masih menjadi perangkap kerugian. Belum lagi, masih banyak dimanfaatkan oleh sebagian orang yang tidak bertanggung jawab.

 

Pemicu Investasi Bodong

Salah satu alasan yang membuat investasi bodong tetap berkeliaran sampai saat ini. Karena di nilai sebagai cara tercepat dan termudah, untuk menghimpun dana jumlah yang besar. Itu lah yang membuat bahaya tipuan investasi bodong hingga kini tetap terjadi. Bahkan bukan hal yang tidak mungkin seorang investor yang sudah terbiasa berinvestasi, tetap berpotensi tertipu.

Bahaya tipuan investasi bodong, masih memakai modus dan cara lama. Namun ada saja orang yang menjadi korbannya. Dalam penanganannya pun, pemerintah telah menghimbau masyarakat luas bahkan investor agar tetap mewaspadai bahaya tipuan investasi bodong. Terkait dengan jumlah kerugian yang ditimbulkan.

Sayangnya, hingga saat ini masyarakat luas dan investor pun masih saja keliru. Akibatnya potensi bahaya tipuan investasi bodong kerap mengancam. Apalagi hampir setiap investasi bodong menawarkan keuntungan yang besar. Sementara, faktanya tidak semua investasi dengan keuntungan yang besar adalah investasi bodong.

 

Cara Membedakan Keuntungan dari investasi bodong

Jika investor saja masih bisa tertipu oleh investasi bodong, maka bagaimana dengan masyarakat luas yang baru mulai ingin berinvestasi. Mengingat bahaya tipuan investasi bodong ini sangat besar. Yakni dengan menawarkan keuntungan atau imbal hasil yang tidak wajar, bisa dipastikan bahwa itu adalah investasi bodong. Kendati demikian, tidak semua investasi yang mampu memberikan keuntungan besar adalah investasi bodong, salah satunya adalah investasi saham. Berdasarkan data BEI, ada sekitar 30 lebih saham yang mampu memberikan keuntungan yang besar.

Dalam artikel terpisah lainnya, Penulis pun pernah membagikan artikel yang mengulas mengenai investasi bodong. Anda bisa membaca kembali artikelnya melalui link :

 

[Baca lagi : Tips Mencermati Tawaran Investasi Bodong]

 

Cara Yang Dapat Dilakukan Untuk Menghindari Bahaya Tipuan Investasi Bodong

Lantas kira-kira tindakan apa yang baiknya dilakukan agar terhindar dari bahaya tipuan investasi bodong ? Mengingat hingga saat ini masih saja banyak yang menjadi korban penipuan. Dalam hal ini Anda bisa melakukan sejumlah tindakan antisipasi.

Pertama, cari tahu informasi lengkap dari penawaran yang datang kepada Anda. Seperti dengan memperhatikan dan cari tahu status hukum legalitas perusahaan, dari investasi yang ditawarkan. Apakah usaha yang dijalankan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Dan bagaimana cara kerjanya, atau bahkan seperti apa perkembangan perusahaan dari tahun ke tahun.

Kedua, hal lain yang tidak kalah pentingnya juga adalah seperti apa struktur organisasinya. Karena dasarnya investasi bodong berdiri dan dibentuk asal-asalan. Dan juga perhatikan apa kegiatan usahanya, investasi bodong biasanya tidak memiliki kegiatan usaha yang jelas dan tidak terorganisir. Karena hanya fokus dalam mengumpulkan keuntungan dari korbannya.

Ketiga, pastikan bahwa alamat perusahaan jelas dan nyata. Serta berada di lokasi yang layak dan strategis. Sementara biasanya investasi bodong cenderung berpindah-pindah, dan bukan hal yang tidak mungkin. Setelah Anda menanamkan modal, justru perusahaan gulung tikar dan berpindah tempat lain.

 Keempat, upayakan untuk menjadi investor yang cerdas. Dengan menambah pengetahuan akan investasi. Dan mendidik diri agar tidak mudah tergiur oleh imbal hasil yang besar dan tidak wajar dalam waktu singkat. Misalkan diming-imingi keuntugan yang PASTI setiap bulannya. Seorang investor yang cerdas tahu bahwa dalam berinvestasi tidak ada yang pasti. Satu-satunya kepastian dalam berinvestasi adalah ketidakpastian itu sendiri.

 

Kesimpulan

Bahaya tipuan investasi bodong masih membayangi masyarakat luas, bahkan tidak terkecuali investor yang sudah berpengalaman sekalipun. Kerugian yang harus ditanggung pun tidaklah kecil. Meskipun demikian, iming-iming keuntungan dari investasi bodong ini, memang cukup menggiurkan bagi sebagian besar orang.

Dari sisi industri investasi, tentunya bahaya tipuan investasi bodong ini menjadi ancaman bagi para investor yang ingin menanamkan dana. Oleh karena itu, penting untuk lebih dulu mengenali dan memahami jenis investasi.

Semoga kita semoga selalu berada dalam kebaikan, dan terhindar dari bahaya tipuan investasi bodong…

 

###

 

Info:

  • Monthly Investing Plan April 2019 akan segera terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q4 2018 sudah terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q4 2018 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.

 

Tags : Bahaya Tipuan Investasi Bodong | Bahaya Tipuan Investasi Bodong | Bahaya Tipuan Investasi Bodong | Bahaya Tipuan Investasi Bodong

You may also like

1 Comment

  • Deddi R
    March 18, 2019 at 10:25 AM

    thanks pak. tapi apakah pemerintah tidak dapat menanggulangi perusahaan yang melakukan praktik kebohongan seperti ini?
    dan selama ini tidakan apa aja yang pemerintah sudah lakukan pemerintah?

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami