Tips Membeli Saham Untuk Investor Pemula


Tidak semua investor pandai dalam membeli saham, tak jarang banyak investor harus menerima kerugian akibat tidak tepat dalam membeli saham. Hal itu karena investor lebih dulu terjebak dengan iming-iming imbal hasil yang tinggi dalam waktu yang singkat pula. Selain kerugian yang harus ditanggung investor, kadangkala ada juga investor yang merasa trauma. Berkenaan dengan hal itu, ada baiknya jika Anda kembali memperhatikan langkah tepat membeli saham. Sebelum akhirnya Anda memutuskan untuk membeli saham pilihan Anda. Lantas apa saja langkah-langkah tepat membeli saham yang dilakukan Penulis ?

 

Investasi Saham                                    

Investasi saham adalah salah satu instrumen investasi, yang dikenal mampu memberikan imbal hasil / return tidak sedikit. Hal itu menjadikan investasi saham sebagai alternatif penghasil uang bagi sebagian orang, terutama para investor yang sudah berhasil memegang kendali atas sejumlah saham. Keberadaan investasi saham di pasar modal Indonesia pun cukup diminati oleh sebagian besar lapisan masyarakat kita. Tidak hanya itu, peminat investasi saham ini juga berasal dari generasi usia yang berbeda-beda.

Kondisi itulah yang seringkali membuat sebagian besar orang terjebak di investasi saham dan mengalami kerugian. Apalagi bagi mereka yang masih berusia muda, acap kali investor muda ini merasakan kebingungan. Belum lagi banyak kabar negatif, bahwa investasi saham ini akan sama halnya dengan bermain judi, jika tidak dipelajari dengan benar. Karena bisa menguras uang sampai habis tanpa mendapat keuntungan apa-apa. Akhirnya banyak investor muda merasa ragu untuk investasi saham.

Berawal dari rasa bingung dan keraguan para investor muda tersebut, kini mulai menjamur berbagai cara untuk mempelajari investasi saham bagi pemula. Hal ini semata-mata untuk mengarahkan para investor terhindar dari kerugian, terlebih lagi bagi investor muda. Kali ini Penulis pun akan membagikan sejumlah langkat tepat membeli saham. Simak langkah-langkah Penulis dalam membeli saham pilihannya, berikut ini :

 

–> Perbanyak Pengalaman dari investor saham lainnya

Hal wajar yang biasa Anda lakukan sehari-hari, bisa juga Anda terapkan sebagai langkah tepat membeli saham. Anda bisa mengunjungi Bursa Efek Indonesia. Di sana Anda bisa mencari tahu sebanyak mungkin, tentang bagaimana cara membeli saham-saham yang tersedia di Bursa Efek Indonesia. Atau bagi Anda kaula muda, ingin investasi saham. Ada baiknya Anda ikut aktif dalam sebuah forum investasi saham, seperti salah satunya Workshop Value Investing – RivanKurniawan.com. Tertarik untuk mengikuti rangkaian workshopnya ? Bisa daftar melalui link berikut ini :

 

Workshop & Advance Value Investing – Jakarta

 

Melalui forum-forum investasi saham tersebut, peluang Anda bertemu para investor berpengalaman akan semakin terbuka. Wawasan dan pengalaman Anda pun akan bertambah.

 

–> Tetapkan Sekuritas dan mulai membuka rekening Saham

Meskipun sebenarnya untuk memulai investasi saham itu, cukup mudah. Apalagi di era teknologi seperti saat ini, di mana Anda dapat dengan mudah mengelolanya dari smartphone Anda. Namun, tetap akan lebih baik jika Anda memperbanyak pengalaman Anda lebih dulu. Jika Anda sudah memperkaya diri Anda dengan pengalaman investor pendahulu Anda. Langkah tepat membeli saham selanjutnya, adalah mencari informasi sekuritas yang bisa memudahkan Anda dalam membuka rekening saham.

Dalam mencari sekuritas, ada hal yang perlu Anda perhatikan yakni kebijakan penerimaan saldo rekening untuk investasi. Karena setiap sekuritas menerapkan kebijakan saldo yang berbeda-beda, mulai dari sekuritas dengan saldo rekening Rp 100.000,-an  per bulan dan Rp 1 juta per bulan. Bahkan ada yang menetapkan sebesar Rp 5 juta hingga Rp 10 juta per bulan.

Dalam prosesnya, pembukaan rekening saham hampir sama seperti halnya Anda membuka rekening tabungan. Anda akan di minta untuk mengisi formulir aplikasi pembukaan rekening investor. Di dalamnya Anda akan melengkapi data identitas, alamat tempat tinggal, data pekerjaan, data ahli waris. Dan juga Anda diharuskan melampirkan fotokopi rekening buku tabungan Anda.

Proses pengajuan ini akan membutuhkan waktu yang berbeda-beda setiap sekuritasnya. Jika rekening saham Anda sudah aktif, Anda pun bisa dengan segera membeli saham pilihan Anda.

 

–> Lakukan Analisa Fundamental

Langkah tepat membeli saham yang selalu jadi perhatian utama Penulis, adalah selalu melakukan analisa fundamental lebih dulu terhadap saham yang diinginkan. Dengan menganalisa fundamental dari perusahaan saham yang ingin di beli, secara tidak langsung Anda akan mengetahui kondisi perusahaan. Apakah perusahaan tersebut bertumbuh dan berkembang dengan baik. Bagaimana keuntungan dan kerugian perusahaan. Hal ini akan memudahkan Anda dalam mengambil keputusan, layak atau tidaknya saham perusahaan tersebut di beli.

untuk bisa menganalisa fundamental perusahaan, Anda membutuhkan gambaran kinerja perusahaan berupa Laporan Keuangan perusahaan. Sayangnya, tidak semua investor dibekali keahlian membaca Laporan Keuangan. Untuk itu Penulis pun pernah memaparkan cara sederhana membaca Laporan Keuangan. Anda bisa mengaksesnya kembali melalui link di bawah ini :

 

[Tips Membedah Laporan Tahunan Perusahaan]

 

–> Perhatikan berita ataupun isu yang berkembang

Setelah Anda menganalisa fundamental suatu perusahaan, Anda akan lebih yakin atas pilihan saham Anda di perusahaan tersebut. Kemudian langkah tepat membeli saham selanjutnya, Anda juga perlu memperhatikan berita atau isu apa saja yang sedang berkembang.

Jika berita baik yang Anda dengar, seperti halnya prospek bisnis perusahaan. Anda akan semakin yakin terhadap saham pilihan Anda. Namun jika sebaliknya yang Anda terima adalah isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan. Maka sebaiknya Anda kembali percaya dengan hasil analisa fundamental perusahaan yang Anda lakukan. Setidaknya langkah ini, menghindari Anda dari tipuan isu yang berkembang.

Dalam hal memperhatikan berita ataupun isu yang sedang berkembang, ini akan mempengaruhi Anda dalam mengambil keputusan. Pada artikel terpisah sebelumnya, Penulis pernah memberikan tips untuk bisa meminimalisir pengambilan keputusan yang irasional. Anda bisa membacanya kembali melalui link :

 

[Tips Pengambilan Keputusan untuk Investor]

 

–> Lakukan Diversifikasi Saham

Langkah tepat membeli saham selanjutnya, adalah jangan tanamkan semua dana Anda secara keseluruhan di satu saham perusahaan saja. Dengan Anda hanya menanamkan semua dana Anda ke satu perusahaan saja, risiko kerugian Anda semakin besar bahkan Anda bisa kehilangan dana Anda seluruhnya. Dibandingkan dengan membagi dana Anda ke sejumlah perusahaan.

Namun meskipun begitu, Anda jangan salah kaprah dengan diversifikasi saham. Karena sebagian besar investor mengartikan diversifikasi saham adalah ke lebih dari 20 perusahaan.

Dalam hal diversifkasi saham, Penulis sendiri melakukan diversifkasi saham pada 5 hingga 10 perusahaan saja. Hal ini untuk tetap bisa menjaga daya konsentrasi Anda berinvestasi saham. Disamping itu, Anda pun bisa meningkatkan performa investasi Anda dengan menaruh banyak uang di dalam perusahaan tersebut.

Penulis sendiri berprinsip dalam investasi saham, jika Anda menemukan bisnis yang tepat dalam sebuah perusahaan. Paksalah, diri Anda untuk segera beritndak agresif dalam meningkatkan investasi Anda. Dan saat harga sahamnya naik, maka portfolio Anda secara keseluruhan juga akan ikut meningkat lebih besar. Hal ini tentu efektif, ketimbang Anda berinvestasi di terlalu banyak saham.

 

Kesimpulan

Langkah tepat membeli saham yang sudah pernah Penulis lakukan ini, bisa juga Anda implementasikan ke prospek investasi Anda. Apalagi jika Anda investor muda, gali kemampuan Anda sedini mungkin dalam berinvestasi saham. Cari peluang investasi dari pengalaman investor lainnya, mulai carilah sekuritas yang mendukung pendanaan Anda untuk investasi. Segera lakukan analisa fundamental terhadap saham pilihan Anda, untuk meng-cross check keadaan perusahaan yang sebenarnya. Perhatikan berita perkembangan bisnisnya, dan hindari isu-isu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaranya…

 

###

 

Info:

  • Monthly Investing Plan Maret 2019 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q4 2018 akan segera terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q4 2018 akan segera terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Jadwal Workshop :
    • Workshop & Advance Value Investing (Jakarta, 16 – 17 Maret 2019) dapat dilihat di sini.

You may also like

1 Comment

  • Lukman
    March 4, 2019 at 10:31 AM

    Thanks Pak Rivan untuk Tipsnya. saya sangat membutuhkan Tips ini, karena saya baru terjun dalam dunia investasi saham. Salam Sukses.

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami