Analogi Berinvestasi Saham

Belajar Investasi Mirip Dengan Belajar Berenang


Apa kesamaan antara belajar renang dan belajar investasi? Jika Anda tahu kesamaan antara belajar renang dan belajar investasi, Anda dapat lebih sukses.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Supaya Jago Berenang, Belajar Renang Harus Basah

Saya teringat salah satu ucapan guru renang, kalau mau jago renang ya harus basah. Maksudnya adalah tidak ada perenang yang jago, hanya karena teori di darat. Coba Anda perhatikan anak-anak kecil yang jago renang, mereka biasanya mendapat pengarahan di darat dan mempraktekkan di air.

Sekali waktu, coba perhatikan anak-anak kecil yang baru belajar berenang. Apa yang mereka lakukan saat belajar? Biasanya untuk anak-anak pemula, mereka takut turun ke kolam. Yah seperti Anda ketahui, mana mungkin bisa berenang kalau cuma tahu teori berenang yang baik.

Apakah ada risiko tenggelam atau risiko lainnya? Tentu saja ada risiko tersebut saat berenang. Cara mengatasinya adalah guru renang selalu menjaga disamping murid-murid pemula. Ada juga pemula yang menggunakan pelampung dan berenang di kolam yang lebih dangkal. Untuk orang-orang yang sudah jago renang, juga perlu melakukan pemanasan sebelum berenang.

Supaya Jago Berinvestasi, Belajar Investasi Harus Menjalankannya

Begitupula dengan berinvestasi, tidak ada orang yang jago investasi kalau cuma hanya membaca buku, mengikuti seminar tanpa praktek. Disitulah letak kesaman antara belajar berenang dan belajar investasi.

Apakah ada risiko rugi? Tentu saja ada, yang harus Anda lakukan adalah belajar dengan nominal yang kecil (ibarat berenang di kolam dangkal), gunakan metode investasi dan cara mengelola uang yang benar (ibarat menggunakan pelampung). Belajar dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan.

Salah seorang guru investasi dan juga professional trader, Dr. Alexander Elder mengatakan: Pada saat Anda belajar investasi atau trading, fokuslah untuk Berinvestasi dengan cara yang benar. Keuntungan akan mengikuti Anda, jika Anda sudah berinvestasi dengan cara yang benar.

 

Moral Story :

Jika Anda sudah tahu letak kesamaan antara belajar berenang dan belajar investasi, sekarang yang perlu Anda lakukan adalah… Belajar sambil Mempraktekannya… 

Seperti hal nya seseorang yang mustahil mahir dalam berenang jika hanya mendengarkan teori berenang, demikian pula Anda tidak mungkin bisa menjadi seorang investor yang bijak apabila hanya membaca buku…

 

Sumber Referensi:

  • Finansialku. 26 Maret 2016. Berinvestasi itu mirip dengan belajar berenang. https://www.finansialku.com/belajar-investasi-itu-mirip-dengan-belajar-berenang/

 

Info:

  • Monthly Investing Plan November 2017 sudah terbit, Anda bisa memperoleh nya di sini
  • Dapatkan Ringkasan Laporan Keuangan 500+ perusahaan dalam Cheat Sheet, yang dapat Anda peroleh di sini
  • Jadwal Workshop Value Investing, info selengkapnya dapat dilihat di bit.ly/WorkshopValueInvesting :
    • 28 Oktober 2017 : Bandung
    • 11 November 2017 : Jakarta
    • 25 November 2017 : Surabaya

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut :

SMS / WA : 0896-3045-2810 (Johan) 

atau

Email : rivan.investing@gmail.com

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami