Investasi Untuk Karyawan

Besarnya Kerugian Jika Para Karyawan Tidak Mulai Berinvestasi


Para karyawan segera mulai berinvestasi, karena banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaat terbesar adalah dengan berinvestasi, Anda segera mewujudkan tujuan keuangan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

Setiap orang, termasuk Anda pasti sudah tidak asing dengan kata investasi. Anda juga pasti sudah tahu manfaat berinvestasi. Permasalahannya adalah investasi apa, investasi berapa, bagaimana cara berinvestasi dan lain sebagainya. Pertanyaan yang sering ditanyakan terkait investasi adalah : Investasi apa yang paling bagus saat ini?

besarnya-kerugian-jika-anda-para-karyawan-tidak-mulai-berinvestasi-2-finansialku

 

Selain itu saya juga sering mengamati perilaku orang yang ditawari produk investasi :

  1. Saya belum berminat
  2. Masih pikir-pikir dulu
  3. Ingin coba tanyakan ke istri dulu
  4. Belum ada uangnya
  5. dan seterusnya.

 

Dalam artikel kali ini, saya ingin berbagi mengenai permasalahan yang sering dihadapi oleh banyak karyawan yang ingin berinvestasi dan ilustrasi jika seseorang menunda berinvestasi. Mari kita bahas satu persatu.

 

Dulu : Malu Bertanya Sesat di Jalan, Sekarang : Salah Bertanya Juga Ikut Sesat

Jika Anda masih bertanya : Investasi apa yang terbaik saat ini, berarti Anda masih belum tahu apa yang Anda butuhkan. Jika Anda mengajukan pertanyaan tersebut dengan seseorang yang menjadi agen atau penjual investasi bodong, maka Anda akan ditawari produk investasinya. Banyak investasi bodong yang menawarkan hasil investasi (return) yang fantastis.

Skema Ponzi Modus Klasik Investasi Bodong - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Saya Belum Berminat, Saya Pikir-Pikir Dulu, Saya Tanyakan ke Istri, Saya Belum Ada Uangnya = TIDAK

Permasalahan kedua adalah banyak orang di Indonesia yang memiliki kegemaran suka menunda. Saya tidak perlu lagi menjelaskan bahwa waktu itu emas (berharga), karena semua orang termasuk Anda juga sudah tahu. Dalam ilmu keuangan, dikenal sebuah teori yang disebut Nilai Uang atas Waktu (Time Value of Money).

Berikut ini ilustrasinya :

 

Pak Ronald dan Pak Parto adalah seorang karyawan yang bekerja di perusahaan swasta. Mereka berdua kebetulan bekerja di divisi dan jabatan yang sama. Gaji mereka pun juga kurang lebih sama. Suatu ketika mereka berdua berdiskusi mengenai pensiun. Saat ini usia mereka berdua masih 30 tahun dan ingin pensiun di usia 55 tahun. Perbedaanya, Pak Ronald langsung membuat rencana keuangan dan berinvestasi, sedangkan Pak Parto masih “belum berminat” dan “pikir-pikir dulu”. Apakah ada perbedaan hasil antara keduanya?

  • Pak Ronald berinvestasi di reksa dana campuran sebesar Rp 1.500.000 per bulan (Rp 18.000.000 per tahun). Rata-rata hasil investasi reksa dana saham 10% per tahun.
  • Pak Parto masih “belum berminat” dan “pikir-pikir dulu”. Setelah jalan 10 tahun, akhirnya Pak Parto mulai berminat dan sudah selesai berpikir. Akhirnya Pak Parto mulai berinvestasi Rp 3.000.000 per bulan (Rp 36.000.000 per tahun). Pak Parto juga berinvestasi di reksa dana campuran dengan hasil investasi 10% per tahun.

 

Pertanyaannya:

Mana yang hasil investasinya lebih tinggi, pada saat usia 55 tahun? dan Berapa selisihnya?

dan jawabannya :

jangan-tunda-lagi-karyawan-harus-segera-mulai-berinvestasi-3-finansialku

jangan-tunda-lagi-karyawan-harus-segera-mulai-berinvestasi-4-finansialku

Jika Anda perhatikan perhitungan di atas, ada beberapa hal yang dapat kita simpulkan:

  1. Uang Rp 18 juta per tahun dapat menjadi Rp 286 juta dalam waktu 10 tahun.
  2. Meskipun Parto berinvestasi 2 kali lipat (Parto berinvestasi Rp 36 juta / tahun dan Ronald Rp 18 juta / tahun), tetap saja tidak bisa mengejar hasil investasi Ronald.

 

Sudah Berminat? Apa yang Harus Dilakukan Sebelum Berinvestasi?

Jika Anda sudah berminat dan ingin mulai berinvestasi, maka :

  1. Miliki sebuah rencana keuangan (financial plan), agar Anda lebih terarah dan terencana. Banyak orang yang bingung mengenai investasi, karena mereka tidak memiliki rencana investasi. Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan atau hitung kebutuhan Anda dengan Aplikasi Finansialku.
  2. Mulai berinvestasi pada waktu dan pengetahuan. Belajar terlebih dahulu untuk mengelola investasi Anda. Belajar berinvestasi itu sama seperti orang belajar berenang, dibutuhkan pengalaman dan jam terbang. Untuk hal ini, Anda juga dapat belajar langsung kepada orang yang lebih berpengalaman seperti Rivan Kurniawan
  3. Mayoritas orang yang mengatakan : pikir-pikir dulu dan belum tertarik adalah orang yang belum tahu cara kerja produk investasinya. Dan tidak mau menyediakan waktu untuk mencari tahu atau mempelajarinya.
  4. Mayoritas orang yang mengatakan : belum ada uangnya sekarang ini, adalah orang yang tidak akan pernah bisa menyediakan uang untuk diinvestasikan. Saran kami sebagai perencana keuangan adalah jangan pernah MENYISIHKAN penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan.
  5. Jika Anda termasuk orang yang takut investasi dan tidak disiplin, cobalah untuk menggunakan auto debit investment.

 

Sumber Referensi:

 

Notes :

Dapatkan ringkasan Laporan Keuangan dari 500+ perusahaan di BEI serta kalkulator untuk mengetahui harga wajar sebuah saham dengan berlangganan Cheat Sheet. Untuk info lebih lanjut, silakan klik di sini.

Monthly Investing Plan October 2017 akan segera terbit, Anda bisa berlangganan di sini.

Jadwal Workshop Value Investing Roadshow :

  • 28 Oktober 2017 : Bandung
  • 11 November 2017 : Jakarta
  • 25 November 2017 : Surabaya

Pendaftaran dan informasi lebih lanjut :

SMS / WA : 0896-3045-2810 (Johan) 

atau

Email : rivan.investing@gmail.com

You may also like

3 Comments

  • erik
    August 21, 2018 at 10:19 AM

    webnya sangat bagus seklai , saya sangat suka sekali

    • Rivan Kurniawan
      August 25, 2018 at 8:37 PM

      Hi Pak Erik.. Terima kasih untuk apresiasinya.. Silakan baca artikel2 lainnya di web ini.. Semoga bisa memberikan manfaat..

  • درب ضد سرقت
    October 24, 2018 at 1:58 AM

    مي تواند در مقابل فشار و ديلم متجاوزين از خود استقامت خوبي نشان دهد و درب ضد سرقت مي تواند نقش كليدي داشته باشد.شايان به ذكر است كه درب ضد سرقت بايد از قفل خوبي با برند معتبر برخوردار باشد ونيز بايد در پشت قفل سازه فولادي تقويت شده باشد
    درب ضد سرقت

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami