The Power of Compounding Return


Belum lama ini, saya mendapat pertanyaan dari seorang rekan yang kebetulan baru mau mulai berinvestasi di saham. Teman saya ini sudah sering membaca tentang Warren Buffett dan bagaimana kesuksesannya di dunia investasi saham. Kemudian, teman saya ini mengajukan sebuah pertanyaan yang menarik. Kira-kira begini pertanyaannya,  “Berapa sebenarnya profit yang rasional setiap tahun nya dari berinvestasi di saham? Warren Buffett average profit nya 24.7% per tahun, sementara banyak trader yang profit nya bisa ratusan persen setahun. Kalau Warren Buffett profit nya hanya 24.7% per tahun, mengapa dia bisa menjadi orang terkaya di dunia?” Nah pertanyaan ini menjadi menarik, karena profit 24.7% bukanlah angka yang fantastis bagi sejumlah trader. Banyak yang bisa mencapai di atas 100%. Namun, satu hal yang membedakan Warren Buffett dengan yang lain adalah : Buffett melakukannya secara konsisten selama lebih dari 50 tahun !!! Menurut Anda, apakah Buffett pada awal berinvestasi sudah memiliki uang miliaran dollar? Tentu saja tidak..  Meskipun Buffett memulai investasi mulai dari ratusan ribu dollar, namun dia bisa menumbuhkan nya menjadi $ 60 miliar. Bagaimana bisa uang dalam jumlah yang relative kecil bisa bertumbuh menjadi besar? Hal ini karena kekuatan dari yang disebut compounding return.

 

Compounding return didapat ketika return yang Anda dapatkan tidak Anda tarik, melainkan diinvestasikan kembali ke dalam modal awal, sehingga di tahun atau periode berikutnya, dengan jumlah return yang sama, Anda mendapatkan nominal yang lebih besar. Contoh, katakan Anda menginvestasikan uang Rp 100 juta ke dalam saham yang memberikan Anda keuntungan 20%. Pada akhir tahun pertama, modal Anda menjadi Rp 120 juta (profit : Rp 20 juta). Di tahun kedua, Anda menginvestasikan kembali Rp 120 juta tadi (Anda tidak menarik return yang Anda dapatkan) dan memperoleh keuntungan di tingkat yang sama, yaitu 20%. Di tahun kedua ini, modal Anda akan menjadi Rp 144 juta (profit 24 juta). Dengan cara yang sama, modal Anda akan menjadi Rp 172.8 juta di tahun ketiga (profit Rp 28.8 juta), dan menjadi Rp 207.3 juta di tahun keempat (profit Rp 34.5 juta). Anda lihat pertambahan profit nya semakin besar setiap tahun nya? Oke, sekarang mari kita lihat the power of compounding return ini dalam jangka waktu 30 tahun ke depan.

 

The Power of Compounding Return

 

Seperti yang dapat Anda lihat di atas, uang Rp 100 juta yang Anda investasikan di tahun pertama, dapat bertumbuh menjadi Rp 23.7 Miliar di akhir tahun ke 30 !!! Inilah yang saya maksudkan sebagai The Power of Compounding Interest. Jika Anda perhatikan kembali, Anda dapat melihat bahwa selama 9 tahun pertama, return yang didapatkan “seolah-olah” kurang menarik karena hanya di bawah Rp 100 juta. Namun di atas tahun ke 10, return nya mencapai ratusan juta rupiah, bahkan di atas tahun ke 23, return nya mencapai miliaran rupiah.

 

So, pesan moral yang ingin saya sampaikan di sini adalah :

  1. Jangan menunda berinvestasi, berapapun modal Anda miliki saat ini. Ingat, bahkan jumlah uang yang relatif kecil sekalipun bisa bertumbuh menjadi jumlah yang sangat besar dengan compounding interest
  2. Apabila Anda mendapatkan keuntungan dari investasi saham Anda, please spend it wisely. Banyak sekali orang yang menggunakan keuntungannya untuk berfoya-foya untuk tujuan konsumtif. Menikmati profit memang sah-sah saja, selama tidak berlebihan. Alangkah baik nya jika profit yang Anda dapatkan, diinvestasikan kembali sehingga Anda mendapatkan keuntungan yang lebih besar ke depannya.

You may also like

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Saya adalah seorang Value Investor. Saya memulai investasi sejak tahun 2008 ketika saya berumur 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, saya berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Saat ini, saya memberikan jasa konsultasi kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko.

Like Us On Facebook

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami