Perkenalan Rivan Kurniawan

Awal Mula Perkenalan Penulis dengan Dunia Saham


Perkenalan Rivan Kurniawan Pada Dunia Saham

Ini adalah artikel pertama Penulis mengenai dunia investasi dan saham. Pertama kali Penulis mengenal dunia saham tahun 2009 ketika berumur 21 tahun, saat itu penulis masih kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Waktu itu ada salah satu Perusahaan Sekuritas membuka tempat di selasar Fakultas. Penulis saat itu, yang latar belakang nya bukan Keuangan (Latar Belakang Penulis adalah Manajemen Pemasaran) jujur saja tidak tertarik dengan keberadaan Perusahaan Sekuritas tersebut.

Tepat beberapa bulan sebelumnya di 2008, Penulis juga banyak membaca berita hal-hal negatif mengenai dunia saham. Penulis ingat membaca berita bahwa banyak orang yang menjadi stress, bahkan bunuh diri karena dunia saham. IHSG turun ke titik terendah sekitar 1,100 waktu itu, membuat banyak orang rugi secara finansial. Hal ini semakin membuat Penulis tidak tertarik dengan dunia saham.

Lalu bagaimana awal cerita Penulis akhirnya mulai invest di saham? Nah ini yang menarik.. Meskipun latar belakang Penulis adalah Manajemen Pemasaran, namun teman-teman Penulis banyak yang latar belakang Manajemen Keuangan. Singkatnya, waktu itu Penulis diajak masuk ke ruangan Perusahaan Sekuritas tersebut. DI dalamnya terdapat banyak komputer dan semua menampilkan semacam grafik yang diwarnai dengan grafik, tabel, dan angka yang ngejelimet. Penulis sama sekali tidak mengerti apa yang ada di computer tersebut.

Rekan Penulis intinya waktu itu mengajak Penulis untuk membuka account di Perusahaan Sekuritas tersebut. Dikarenakan waktu itu untuk membuka rekening saham minimal Rp 10,000,000 (Sepuluh juta rupiah). Akhirnya Penulis patungan dengan 5 orang teman, masing-masing Rp 2,000,000 (dua juta rupiah) sampai akhirnya terkumpul uang Rp 10,000,000. Waktu itu kami menunjuk salah seorang teman yang paling pintar dan bagus nilai nya untuk mengelola dana kami.

Dikarenakan tahun 2009 merupakan tahun kebangkitan dari keterpurukan pasar saham di 2008, apa saja saham yang kami beli waktu itu langsung menuai untung dengan cepat. Euforia melanda kami semua, dalam sebulan saja, portfolio kami bisa naik 20% – 30%. Dari situlah kemudian Penulis mulai tertarik dengan dunia saham. Berbekal usaha kecil-kecilan yang Penulis jalankan sewaktu kuliah, akhirnya terkumpulah uang Rp 10,000,000, dan Penulis memutuskan untuk membuka account sendiri. Sejak saat itu, setiap jeda atau setiap selesai kuliah, Penulis selalu menyempatkan diri ke Sekuritas di kampus tersebut dan mengecek portfolio Penulis. Singkatnya, Penulis mulai ketagihan dengan dunia saham. Penulis yang tadi nya tipe mahasiswa Kunang-Kunang (Kuliah Nangkring Kuliah Nangkring) berubah menjadi Mahasiswa yang rajin sekali ngecek portfolio dan menghabiskan waktu berjam-jam di layar trading.

Selama beberapa tahun pertama (2009 – 2012) Penulis mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat. Dan sejak Penulis mulai bekerja, setiap bulannya Penulis menyisihkan 30% gaji untuk kemudian dibelikan saham. Penulis melakukan ini secara konsisten. Penulis mulai merasa JAGO bermain saham. Seolah-olah semua saham yang Penulis beli naik dalam waktu singkat dan cepat. Nah di sinilah tragedi mulai melanda. Ketika Penulis mendapatkan keuntungan berkali-kali lipat dalam waktu singkat, Penulis mulai dilanda yang namanya “Mr Greedy” atau keserakahan. Penulis tidak sadar, bahwa bahaya mengintai di depan mata. Penulis menjadi gelap mata Karena Mr Greedy ini.

Bagaimana kemudian Mr Greedy ini membawa Penulis pada kejatuhan? Akan Penulis jelaskan di artikel berikutnya.

 

###

 

Info:

  • Monthly Investing Plan Februari 2019 sudah terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Cheat Sheet LK Q4 2018 akan segera terbit, Anda dapat memperolehnya di sini.
  • E-Book Quarter Outlook LK Q4 2018 akan segera terbit. Anda dapat memperolehnya di sini.
  • Jadwal Workshop :
    • Workshop Ultimate Value Investing (Surabaya, 9 – 10 Februari 2019) dapat dilihat di sini.
    • Workshop Ultimate Value Investing (Medan, 23 – 24 Februari 2019) dapat dilihat di sini.

 

 

Tags :

Perkenalan Rivan Kurniawan | Perkenalan Rivan Kurniawan, | Perkenalan Rivan Kurniawan. | Perkenalan Rivan Kurniawan | Perkenalan Rivan Kurniawan, | Perkenalan Rivan Kurniawan

You may also like

2 Comments

  • Anonymous
    February 20, 2017 at 8:17 AM

    nice one

  • Made Gelgel
    March 26, 2019 at 5:24 PM

    keren, dari kuliah sudah kenal saham

LEAVE A COMMENT

About me

Rivan Kurniawan

Rivan Kurniawan

Rivan adalah seorang Indonesia Value Investor yang memulai investasi sejak tahun 2008 ketika berusia 20 tahun. Sempat mengalami kejatuhan di pasar saham, Rivan berhasil bangkit dengan menerapkan metode Value Investing. Berbekal pengalamannya, Rivan saat ini menjalani profesi sebagai Full Time Investor sekaligus praktisi di pasar modal. Saat ini, Rivan aktif mengadakan workshop dan pelatihan kepada para profesional dan investor yang ingin memaksimalkan profit serta meminimalisir resiko di pasar saham.

Like Us On Facebook

Facebook Pagelike Widget

Follow Me

Follow me in my social media account

Archives

Categories

Newsletter

Masukkan email Anda untuk berlangganan newsletter kami